Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Mengapa Anda Mencari Peluang Baru?"

Saat wawancara kerja, ada beberapa pertanyaan kunci dan standar yang sangat mungkin ditanyakan oleh pewawancara. Salah satunya adalah pertanyaan wawancara terkait mengapa Anda mencari pekerjaan baru. 

Bisa saja jawabannya jelas dan mudah, misalnya Anda sudah selesai magang. Namun kadang juga membutuhkan penjelasan lebih lanjut, misalnya mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini yang hanya baru 2 - 3 bulan saja.

Credit: www.manatwork.hu

Namun, Anda tidak perlu khawatir, kami akan rangkumkan cara menjawab pertanyaan wawancara terkait alasan Anda meninggalkan pekerjaan saat ini. 

Menurut Pamela Skillings, founder biginterview.com, paling tidak ada dua bentuk umum dari pertanyaan itu. 

1. Mengapa Anda mencari peluang baru saat ini?


Pertanyaan ini adalah untuk kandidat yang saat ini masih bekerja. jika Anda sudah bekerja, mengapa Anda harus meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?

Ada banyak alasan mengapa seseorang meninggalkan pekerjaannya saat ini. Sebagian alasan itu perlu dibahas saat menjawab pertanyaan interview terkait alasan meninggalkan pekerjaan saat ini, tetapi sebagian tidak perlu disampaikan. 

Aturan dasarnya adalah Anda harus berusaha menjawab bahwa alasan terkuat Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat adalah untuk peluang yang lebih baik. Akan tetapi, Anda juga jangan pernah menyatakan bahwa Anda mencari peluang yang lebih baik karena di pekerjaan Anda saat ini peluang ke depannya buruk. Juga, jangan sampai pewawancara Anda merasa bahwa perusahaannya itu menggoda Anda untuk kabur dari posisi Anda saat ini. 

Sampaikan pada interviewer bahwa Anda akan meninggalkan pekerjaan Anda saat ini karena peluang baru yang ditawarkan oleh perusahaan begitu luar biasa, bahkan mungkin yang tidak Anda lihat. Sampaikan juga bahwa Anda menyukai pekerjaan Anda saat ini, tetapi juga sampaikan bahwa pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda menjalani interview saat ini adalah pekerjaan impian Anda, yang Anda yakini menantang.

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini:

Saya sudah di perusahaan saya selama 3 tahun dan telah belajar banyak dari pekerjaan saya yang mengharuskan bekerjasama dengan para penjual yang luar biasa. Saya menjadi manajer penjualan regional sejak 15 bulan lalu dan wilayah yang saya pimpin telah melampui proyeksi penjualan hingga 20% lebih. Namun, saya mulai merasa sepertinya saya membutuhkan tantangan baru. Posisi ini benar-benar membuat saya tertarik karena posisi ini mengizinkan saya untuk mengelola tim yang lebih besar dan menjual produk yang lebih inovatif.

2. Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir Anda?


Jika Anda tidak lagi bekerja, jawaban Anda terhadap pertanyaan ini menjadi lebih penting. Memang kadang tidak adil bahwa banyak calon atasan yang beranggapan terhadap calon tenaga kerja yang dalam posisi menganggur.

Tetapi, dalam kondisi perekonomian yang tidak pasti serta tingginya persaingan, banyak karyawan yang kinerjanya sangat bagus justru harus kehilangan pekerjaan dan jelas butuh waktu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Ada persaingan lebih besar untuk setiap peluang. Jika Anda sudah menganggur cukup lama, Anda harus siap-siap menjelaskan langkah-langkah proaktif yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan skill Anda, misalnya pelatihan, kerja sukarela, dan proyek-proyek konsultasi.

Masalah mengapa Anda meninggalkan pekerjaan lama memang sedikit menipu jika misalnya Anda tidak memiliki sesuatu yang mewah untuk membuat jawaban Anda 100% positif. Jika Anda keluar dari pekerjaan dan bukan keluar karena peluang lain, jelas ada masalah di situ.

Sebagian besar pewawancara tidak akan menghakimi Anda secara negatif jika Anda keluar dari perusahaan sebelumnya akibat perampingan karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja, khususnya jika bukan hanya Anda yang kena PHK. Buat penjelasan Anda detail dan lewatkan alasan yang buruk. Dan harap diingat bahwa sangat mungkin akan mencari sisi buruk Anda, di mana informasi yang buruk, jika Anda sampaikan akan membuat Anda terlihat tidak profesional, tidak memiliki motivasi, dan tidak jujur.

Contoh jawaban jika Anda mencari peluang baru karena Anda telah menganggur akibat PHK:

Sayangnya, klien terbesar perusahaan kami mengalami kebangkrutan bisnis di awal tahun ini dan itu berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan. Sehingga, mereka harus menghapus beberapa posisi dan saya di antara 10 orang karyawan terbaru yang ada di departemen itu. Saya bangga bekerja di sana, saya mendapatkan ulasan kinerja yang menakjubkan, dan manajer saya adalah salah satu referensi terkuat saya. 

Apapun alasannya Anda meninggalkan pekerjaan Anda dan mencari peluang baru, siapkan jawaban yang positif. Tunjukkan bahwa Anda profesional, dapat diandalkan dan aset yang akan menguntungkan perusahaan jika Anda direkrut sebagai karyawan baru.

Baca selanjutnya: Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Apa Kelebihan Anda?"

0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Mengapa Anda Mencari Peluang Baru?""