Tips Jawaban Pertanyaan Interview: "Ceritakan Posisi Anda Saat Ini!"

Setelah percakapan basa-basi, interviewer akan mengajukan pertanyaan, "Ceritakan Tentang Diri Anda". Silakan baca lebih lanjut tentang jawaban pertanyaan interview: "Ceritakan tentang diri Anda".

Pertanyaan kedua saat wawancara umumnya adalah meminta Anda untuk menceritakan posisi Anda saat ini. Maksudnya adalah menceritakan tentang tugas dan tanggung jawab Anda di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. 

Credit: www.flexjobs.com

Sebagian kandidat mungkin menganggap ini adalah jenis pertanyaan konyol dan tidak penting. Namun, bukankah Anda berusaha keras untuk mengonsep poin-poin resume Anda?

Mungkin sebagian calon atasan Anda membaca resume Anda, namun sebagian lagi tidak memiliki waktu untuk membacanya, atau bisa juga sudah membaca resume Anda namun lupa perinciannya, sehingga meminta Anda untuk menjelaskan kembali. Akan tetapi, apa pun alasannya, Anda harus bersiap untuk mendapatkan pertanyaan semacam itu, serta Anda pun harus siap dengan jawaban yang tepat sehingga Anda dipertimbangkan untuk menempati posisi yang Anda lamar. 

Berikut tips-tips untuk menjawab pertanyaan interview untuk menceritakan posisi Anda saat ini. 

1. Fokus pada hasil


Banyak calon karyawan yang saat mengikuti wawancara melakukan kesalahan hanya dengan mendaftar tugas-tugas pekerjaan. Jika Anda ingin membuat pewawancara Anda terkesan, fokus pada bagaimana Anda melakukan pekerjaan dan bagaimana Anda meraih pencapaian kerja yang melampui tugas dan tanggung jawab pekerjaan Anda. 

2. Sesuaikan untuk posisi yang Anda lamar


Anda dapat mengembangkan pendekatan standar untuk pertanyaan ini. Jangan mengingat skrip yang sudah Anda buat. Yang Anda perlukan adalah garis besar yang harus Anda ingat, yaitu poin-poin yang mencakup semuanya. 

Jika Anda memiliki pendekatan yang Anda ingat, bersiaplah untuk menyesuaikannya untuk setiap peluang pekerjaan baru. Untuk beberapa posisi mungkin deskripsi standar yang Anda buat benar-benar sesuai. Namun, untuk posisi lain, mungkin Anda membutuhkan penjelasan lebih jika perusahaan tempat Anda melamar membutuhkan keahlian yang tidak selalu Anda tonjolkan. Analisa job description-nya dan pikirkan bagaimana caranya Anda bisa menunjukkan bahwa posisi Anda saat ini telah membuat Anda menguasai tanggung jawab pada posisi baru yang Anda lamar itu. 

3. Buat jawaban Anda ringkas dan tidak bertele-tele


Jangan menjelaskan semua yang Anda kerjakan. Fokus pada garis besar yang menjadi perhatian pewawancara. Jangan merasa Anda berkewajiban menjelaskan secara rinci yang mungkin justru memnbingungkan interviewer Anda. 

Fokus pada aspek yang paling relevan dan paling mengesankan dari pekerjaan Anda saat ini. Jika interviewer ingin menyelami lebih dalam, ia akan bertanya lebih lanjut. 

Tiga tips di atas dapat dijadikan acuan cara Anda menjawab pertanyaan interviewer tentang posisi Anda saat ini. 

0 Response to "Tips Jawaban Pertanyaan Interview: "Ceritakan Posisi Anda Saat Ini!""