Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Apa Kelebihan Anda?"

Interview adalah proses lanjutan setelah perusahaan melihat Anda memenuhi syarat untuk lowongan kerja yang dibuka. Pada tahapan ini ada beberapa pertanyaan standar yang biasanya diajukan oleh interviewer. Salah satunya adalah pertanyaan: Apa kelebihan Anda?

Credit: http://www.bestsampleresume.com

Dari sudut pandang rekruter, poin penting dari interview adalah untuk memahami apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan dan mengapa mereka harus memperjakan Anda bukannya orang lain. Anda harus betul-betul siap menjawab pertanyaan tentang kelebihan Anda. Banyak calon karyawan yang keliru menjawabnya sehingga mereka dianggap tidak memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.


Dengan pertanyaan ini, interviewer ingin mencari tahu apakah:

  • Kelebihan Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Anda dapat melakukan pekerjaan seperti seorang bintang
  • Anda adalah orang yang paling tepat untuk pekerjaan itu
  • Anda memiliki kualitas, skill, dan pengalaman yang berbeda dari pesaing Anda
  • Anda adalah orang yang akan memberikan nilai tambah besar terhadap tim. 

Ketika menjawab pertanyaan tentang kelebihan Anda, jangan pernah merasa ragu, tidak yakin, dan berpikir terlalu lama tentang apa saja kelebihan Anda. Juallah nilai positif yang Anda miliki terkait pekerjaan itu. 

Paling tidak, ketika Anda menjawab pertanyaan interview tentang kelebihan Anda, berikut poin-poin yang perlu Anda pikirkan:

- Pengalaman 


Pengalaman di bidang perangkat lunak atau jenis pekerjaan tertentu, keahlian di bidang industri tertentu, rekam jejak bekerja di produk atau klien yang sama, dan lain sebagainya. 

- Bakat 


Kemampuan, misalnya tentang pemrograman di bidang bahasa tertentu, penulisan proposal, menjual widget, event organizer, menerjemahkan dari bahasa Arab, dan lain-lain. 

Soft skill


Yaitu kompetensi seperti kemampuan memecahkan masalah, mempengaruhi orang lain, pembangunan tim, negosiasi, pengelolaan, dan lain sebagainya. 

Edukasi dan pelatihan 


Yakni latar belakang yang relevan dengan topik-topik yang penting dengan pekerjaan, misalnya gelar sarjana, sertifikasi, seminar pelatihan, mentoring, magang, dan lain sebagainya. 

Untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan Anda, perhatikan poin-poin berikut ini:

1. Harus akurat


Pilih kelebihan yang benar-benar Anda miliki. Jangan pernah menyebutkan kelebihan hanya karena ada di deskripsi pekerjaan. Anda akan jauh lebih meyakinkan jika Anda menyampaikan kelebihan Anda yang sesungguhnya. 

2. Harus relevan


Sebaiknya, luangkan waktu untuk menganalisa deskripsi pekerjaan dan mengidentifikasi kelebihan paling penting Anda utnuk setiap peluang. Mungkin Anda memiliki banyak kelebihan, namun kelebihan apa yang paling relevan bagi interviewer ini.

3. Harus spesifik 


Pilih kelebihan khusus. Bukannya "skill orang" yang terlalu luas dan membosankan, tetapi misalnya skill untuk membangun hubungan dan komunikasi persuasif. Jangan bersifat generik.

Baca juga Tips Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda!" Saat Wawancara

4. Jangan terlalu sederhana


Hindari "pujian lemah" dan kelebihan yang tidak begitu menarik. Ambil kelebihan yang mengesankan. Jangan pernah mengatakan "senang bekerja dengan" sebagai titik jual utama Anda. Untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda, Anda harus menunjukkan bahwa Anda bisa membawa sesuatu yang lebih pada posisi yang Anda incar itu. 

Berikut contoh menjawab pertanyaan terkait kelebihan Anda.

Menurut saya, salah satu kelebihan terbesar saya adalah sebagai pemecah masalah (problem solver). Saya memiliki kemampuan untuk melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda dan saya dapat menyelesaikan pekerjaan saya meskipun dihadapkan pada hambatan-hambatan sulit. 

Saya juga merasa bahwa skill komunikasi saya sangat mumpuni. Saya merasa senyaman saat presentasi ke eksekutif senior seperti saya sedang melakukan mediasi jika terjadi konflik antar anggota tim junior saya. Saya bekerja sebagai programmer, sehingga memiliki persepektif itu sebagai seorang pengembang dan saya rasa mereka menghargai saya karena itu.


0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Apa Kelebihan Anda?""