Tips Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda!" Saat Wawancara

Interview atau wawancara adalah tahap terakhir sebelum Anda diterima di sebuah pekerjaan yang Anda incar. Saat interview adalah saat di mana pihak perusahaan membaca psikologi dan karakter Anda secara langsung. Mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan standar, namun jika Anda menjawab dengan tidak tepat, berarti peluang besar bagi Anda untuk tidak diterima di pekerjaan tersebut.

Courtesy: www.learnthat.com


"Ceritakan tentang diri Anda!" seringkali merupakan pertanyaan pertama yang diajukan oleh interviewer setelah obrolan basa-basi tentang kondisi lalu lintas dan cuaca saat Anda dalam perjalanan menuju kantor untuk wawancara. Oleh karena itu, kesan pertama tentang Anda akan berasal dari jawaban pertanyaan ini. Anda juga akan menunjukkan pada interview tone atas interviewe tersebut dan akan membawa Anda kepada poin paling menjual dari diri Anda. 

Lantas, bagaimana menjawab pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda!" saat interview?

Untuk menjawab pertanyaan tentang diri Anda, sebaiknya Anda tidak memberikan informasi pribadi terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. 

Pikirkan pertanyaan itu sebagai tangga elevator. Tangga elevator itu ringkasan singkat yang digunakan untuk mendefinisikan produk, layanan, ataupun bisnis dan proposi nilai secara cepat dan singkat. Anda membutuhkannya untuk diri Anda sendiri sebagai orang yang sedang diwawancara untuk sebuah pekerjaan. Anda harus tetap fokus dan singkat, idealnya antara 1 hingga 2 menit saja. 

Anda tidak akan bisa menyesuaikan semua kualitas terbaik dan poin-poin penting Anda ke dalam 1 menit. Jadi, Anda harus meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana cara memunculkan diri Anda dengan cara agar yang tepat untuk mengawali wawancara dengan nada yang tepat. 

Paling tidak ada 3 pertanyaan mendasar untuk menjawab pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda!"

1. Siapa Anda

Kalimat pertama Anda sebaiknya berupa perkenalan siapa Anda secara profesional, pernyataan singkat yang menunjukkan kelebihan dan juga memberikan rasa kepribadian Anda. Ini tidak mudah, sehingga Anda perlu sedikit persiapan. 

Contoh jawaban yang baik: "Saya adalah seorang web developer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun menangani pembuatan dan pengelolaan web di perusahaan nasional yang memiliki produk yang memenangkan brand ambassador."

2. Tonjolkan keahlian Anda 

Jangan beranggapan bahwa orang yang mewawancarai Anda telah membaca semua isi resume Anda dan mengetahui kualifikasi Anda. Gunakan tanggal elevator untuk menjelaskan secara singkat 2-4 poin yang Anda rasa itu bagian yang menonjol dari Anda.

Contoh jawaban baik: "Saya telah menghabiskan 5 tahun untuk mengembangkan skill saya sebagai seorang penerjemah bahasa Inggris ke Mandarin di PT. ABC Tbk, di mana saya dipromosikan sebagai manajer alih bahasa."

3. Mengapa Anda ada di sini

Akhiri jawaban pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda!" dengan memberitahu interviewer bahwa Anda menginginkan posisi itu dan mengapa.

Contoh jawaban yang baik: "Meskipun saya mencintai pekerjaan saya hari ini, saya merasa saya sudah siap untuk tugas yang lebih menantang dan posisi yang ditawarkan ini benar-benar menarik bagi saya."

Tiga poin di atas dapat Anda jadikan rujukan untuk menjawab ketika interview menanyakan atau meminta Anda untuk menjelaskan siapa Anda.

0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda!" Saat Wawancara"