Bekerja di Inggris: Ini Cara Melamar Kerja di Inggris

Anda tertarik untuk bekerja di Inggris? Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan di Inggris, tulisan ini akan memandu Anda bagaimana cara menulis CV ala British dan cover letter ditambah informasi dan tips tentang interview pekerjaan di Inggris. 



Jika Anda sudah menemukan pekerjaan di Inggris, tingkatkan peluang mendapatkan pekerjaan dengan mengadaptasi CV Anda dan gaya interview agar sesuai dengan harapan calon atasan Anda. Untuk mendapatkan peluang terbaik mendapatkan pekerjaan di Inggris, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengisi form aplikasi pekerjaan ala Inggris, bersama CV ala Inggris dan tulis cover letter yang menyertai. Anda juga perlu mengetahui apa yang mungkin terjadi jika Anda diundang untuk interview pekerjaan di Inggris. Ini penting untuk menghindari Anda mengalami masalah blunder budaya.

Lamaran kerja ala British

Ketika Anda melamar sebuah pekerjaan di Inggris, Anda mungkin diminta untuk mengirimkan cover letter singkat dan form aplikasi lengkap yang dibuat oleh perusahaan atau organisasi atau pun CV, yang diadaptasi khusus untuk pekerjaan yang Anda lamar. Mana pun yang Anda ambil, lamaran Anda harus jelas, terstruktur dengan baik dan pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa. Mintalah teman Anda yang mahir berbahasa Inggris untuk membaca dengan detil lamaran Anda jika memang diperlukan. 

Jika lowongan kerja yang diiklankan tersebut meminta Anda untuk mengisi formulir aplikasi, jangan pernah tergoda untuk mengirimkan CV Anda selain menggunakan form aplikasi yang disediakan - karena kemungkinn besar justru CV Anda akan dibuang ke tempat sampah dan lamaran kerja Anda akan diabaikan. Cukup lampirkan foto dan salinan ijazah atau referensi lain dalam lamaran kerja, jika diminta. Namun ini tidak biasa dikirimkan dalam lamaran kerja di Inggris. 

Anda harus mengirimkan lamaran kerja dalam bahasa Inggris kecuali iklan pekerjaan itu secara khusus meminta Anda menggunakan bahasa lain.

Deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan 

Pemberi kerja biasanya menyebutkan deskripsi pekerjaan yang secara garis besar berisi pekerjaan apa yang akan dikerjakan, tugas dan tanggung jawab khusus, dan kadang grafik yang menunjukkan perananan terkait dengan organisasi, termasuk alur manajemen (manajer Anda menjadi atasan menengah Anda). Anda juga mungkin dikirimi spesifikasi orang yang dibutuhkan, daftar skill atau pengalaman yang dibutuhkan untuk kandidat yang ideal. Gunakan semua informasi ini ketika Anda menulis CV atau lamaran kerja dan cover letter untuk menujukkan kepada calon atasan Anda bahwa skill, pengalaman, dan kualifikasi Anda memang memenuhi persyaratan itu.

Form aplikasi 

Luang waktu untuk membaca dengan cermat, memastikan Anda mengisi formnya lengkap, benar, dan tidak ada kesalahan atau koreksi. Tulis jawaban dengan pensil terlebih dahulu. Anda biasanya dapat menggunakan kertas terpisah jika diperlukan. Anda akan ditanya tentang kualifikasi dan pengalaman Anda, Anda juga mungkin diminta untuk menulis apa yang dapat Anda bawa ke pekerjaan Anda, apa yang Anda lihat sebagai kelebihan dan kelemahan, dan mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu.

Bagaimana cara menyiapkan CV ala British

Pertahankan agar CV ala British Anda maksimal terdiri dari dua lembar kertas A4. Presentasi itu sangat penting, gunakan kertas yang berkualitas bagus dan tata letak informasi harus jelas. Tuliskan "nama Anda - CV" di bagian atas halaman pertama sebagai kepala CV. 

Untuk beberapa pekerjaan dalam bidang marketing dan media, Anda perlu menempatkan profil tidak lebih dari 4 baris, sebagai awalan dari CV Anda; sesuatu yang mengena dan pengenalan singkat terhadap skill dan tujuan Anda. 

Ketika Anda meletakkan CV bersama, berikan informasi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja dengan kronologi terbalik, yaitu kualifikasi dan pengalaman kerja terkini ada di posisi pertama. Spesifiklah mengenai skill dan pengalaman Anda, tautkan dengan pekerjaan, dan hindari bahasa klise dan pernyataan umum yang rancu. 

Berikut urutan informasi yang sebaiknya Anda ikuti ketika Anda menyiapkan CV ala British:
  • Rincian pribadi Anda: nama, tanggal lahir, alamat, email, dan nomor telepon. Tidak perlu menyertakan status perkawinan atau apakah Anda memiliki anak atau tidak. 
  • Jika Anda telah bekerja selama setahun atau lebih, tuliskan riwayat pekerjaan nanti, dengan nama perusahaan, jenis perusahaan (kecuali jika jelas) dan alamat, posisi yang dipegang, dan daftar berupa poin-poin tentang tanggung jawab utama dan/atau prestasi yang Anda capai. Cobalah untuk mengaitkan skill Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar. 
  • Pendidikan, berserta nama perguruan tinggi dan detailnya, nama jurusan yang diambil, dan kualifikasi tingkatnya (misalnya sarjana, master, atau doktor). Jangan lupa menyebutkan penghargaan atau pekerjaan khusus yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Kemudian sebutkan pendidikan SMA Anda: nama dan alamat sekolah, tanggal dengan kualifikasi dan nilai (jangan tuliskan nilai jelek). Jika ini pekerjaan Anda yang pertama, maka tempatkan pendidikan di awal, diikuti dengan pengalaman kerja. 
  • Skill: keahlian komputer, dengan memperjelas apakah Mac atau PC, dan rincikan software/aplikasinya dan level pengetahuan, bahasa dengan level kecakapan, apakah Anda memiliki SM untuk Inggris (jika relevan). 
  • Minat dan prestasi: hanya jika revelan dengan pekerjaan yang Anda lamar, atau jika diminta. Buat bagian ini singkat saja. 
  • Terakhir, tambahkan nama dan rincian dua referensi yang setuju untuk mendukung lamaran Anda (jangan lupa menanyai mereka terlebih dahulu). 

Menulis cover letter ala British

Cover letter ala British biasanya ditulis di komputer hanya di selembar kertas, dan formal, singkat dan to the point. Pastikan suratnya ditujukan ke orang yang tepat. Anda harus menyatakan pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda melihat iklannya (jika sesuai). Jelaskan secara singkat mengapa Anda tertarik ke posisi itu, dan apa yang secara khusus menarik Anda untuk melamarnya. Lalu jelaskan bagaimana skill dan pengalaman Anda membuat Anda menjadi orang yang tepat untuk pekerjaan itu dan apa yang dapat Anda tawarkan ke perusahaan. Akhiri surat Anda dengan "Yours sincerely" dan tambahkan tanda tangan dan nama Anda di bawahnya.

Wawancara kerja dan prosedur seleksi ala British


Setelah Anda mengirimkan lamaran Anda, yang perlu Anda lakukan adalah menunggu jawaban dari calon atasan Anda apaka Anda akan dipanggil untuk interview. Beberapa perusahaan menerima begitu banyak lamaran kerja untuk satu posisi sehingga mereka tidak dapat menyebutkan lamaran kerja yang tidak masuk kriteria. Jika Anda tidak mendapatkan respon dari perusahaan Anda melamar dalam seminggu setelah deadline lamaran dikirimkan, maka inilah saat yang tepat untuk menghubunginya dan menanyakan kapan mereka akan memilah lamaran yang akan dipanggil untuk interview. Anda mungkin akan diundang untuk interview melalui telepon atau melalui email atau surat.


Proses interview

Tergantung pekerjaannya, mungkin Anda harus menjalani satu, dua, atau bahkan tiga kali interview. Bisa saja interview-nya satu per satu dengan manajer atau orang dari HRD, atau bisa juga interview dengan panel pewawancara yang berjumlah hingga enam orang.

Baca juga: Tips Interview Online Melalui Skype

Beberapa interview terstruktur atau "berdasarkan kompetensi" di mana Anda akan ditanya serangkaian pertanyaan tentang kualitas pribadi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan itu dan memberikan contoh-contoh situasi di mana Anda telah tunjukkan (misalnya 'mendeskripsikan situasi di mana Anda telah mengatasi hambatan yang sulit'). Sementara interview yang lain mungkin seperti obrolan biasa seputar CV atau form aplikasi Anda. Anda juga mungkin diminta untuk mengikuti psikotes atau tes-tes lain sebagai bagian dari proses interview. 

Biasanya Anda akan dihubungi lagi esok harinya atau dalam beberapa hari atau minggu, namun biasanya semakin lama Anda menunggu kabar dari perusahaan Anda lamar, semakin rendah peluangnya Anda mendapatkan pekerjaan itu. 

Jika Anda tidak mendapatkan pekerjaan itu, Anda bisa mencoba mengirimkan email atau menelepon untuk menanyakan dengan sopan umpan balik interview Anda.

Tips interview

  • Siapkan interview di awal: lakukan riset mengenai perusahaan juga tentang sektor yang Anda lamar itu; baca dengan cermat form aplikasi atau CV Anda sehingga Anda siap ketika ada pertanyaan seputar itu, dan Anda juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan menarik ke interviewer (dan tidak hanya seputar gaji atau liburan saja). Siapkan catatan untuk membuat catatan dalam wawancara jika Anda mau. 
  • Berpakaian yang sesuai - kesan pertama sangat penting: banyak atasan yang tidak menyukai tato, misalnya, sehingga usahakan untuk menutupinya jika Anda memiliki tato. 
  • Datang tepat waktu.
  • Jabat tangan interviewer dengan erat dan jangan duduk hingga Anda dipersilakan. 
  • Mungkin juga akan ada obrolan kecil atau obrolan ringan sebelum interview dimulai, misalnya 'Bagaimana perjalanan Anda ke interview ini?" yang berarti untuk membuat Anda rileks. Ramahlah, tetapi ingat ini juga akan menjadi kesan umum yang Anda berikan. 
  • Tersenyum dan lakukan kontak mata selama interview. Jika lebih dari satu interviewer, mulailah menjawab dengan melihat orang yang mengajukan pertanyaan tetapi lihat juga interviewer yang lain. 
  • Jangan takut untuk menanyakan penjelasan atau mengajukan pertanyaan selama interview. 
  • Hindari jawaban "ya" dan "tidak" atau terlalu singkat.
  • Jangan takut untuk terlibat diskusi selama interview; interviewer mungkin menantang Anda untuk menyampaikan pendapat Anda, namun tetap harus sopan.
  • Hindari untuk melebih-lebihkan prestasi Anda yang justru membuat Anda terlihat arogan. 
  • Pertanyaan-pertanyaan dari interview British biasanya, "Apa kelemahan dan kelebihan Anda?" dan "Di mana Anda melihat diri Anda 5 tahun dari sekarang". Jadi pikirkan jawaban untuk dua pertanyaan ini sebelumnya. 
  • Hindari untuk mengkritik bos Anda sebelumnya. 
  • Biasanya Anda diberi kesempatan untuk bertanya, lakukan!
  • Di akhir interview, berterima kasihlah kepada interviwer.

Anda sudah yakin untuk melamar pekerjaan di Inggris?

Baca juga: Ingin Bekerja di Inggris? Begini Caranya untuk Tinggal dan Bekerja di Inggris!

0 Response to "Bekerja di Inggris: Ini Cara Melamar Kerja di Inggris"