Ingin Bekerja di Inggris? Begini Caranya untuk Tinggal dan Bekerja di Inggris!

Beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan seorang TKW yang mendadak perekonomian keluarganya berubah drastis setelah bekerja di Inggris. Namun bagaimana caranya untuk tinggal dan dan bekerja di Inggris?

Tidak seperti negara Filipina, India, dan Nepal yang secara resmi menjadikan Inggris sebagai salah satu negara tujuan tenaga kerja mereka, Indonesia tidak secara resmi menjadikan Inggris sebagai salah satu tujuan mencari pekerjaan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI).

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa bekerja di Inggris, khususnya jika Anda memiliki skill dan pengalaman yang memadai. 

Di sebuah forum, expat.com, Yenni Sugiarto, mengatakan baru saja pindah ke London dan mencari pekerjaan ke sana kemari, door to door, namun belum ada juga pekerjaan menghampirinya. 


"hi, im indonesian woman just move to London. im looking for a job to start my new life. i already try to find a job door by door but still no call till now. i dont like to use agency to find a job. i have not much money so i need to find a job as soon as possible. any idea? thanks"

(Hai... saya seorang wanita Indonesia yang baru saja pindah ke London. Saya sedang mencari pekerjaan untuk memulai kehidupan baru saya. Saya sudah berusaha mencari pekerjaan dari pintu ke pintu, tetapi masih belum ada panggilan sampai sekarang. Saya tidak ingin menggunakan agensi untuk mendapatkan pekerjaan. Saya tidak punya banyak uang sehingga saya perlu mendapatkan pekerjaan segera. Ada ide? Terima kasih.)


Ada banyak saran yang masuk untuk Yenni, ada juga yang memberikan tawaran pekerjaan, bahkan setelah dua tahun ia memposting tulisan tersebut. 


Pekerjaan di London cukup banyak, tetapi rata-rata kesulitan yang dihadapi adalah tentang permit (izin) masuk dan bekerja di London. 

Jika Anda belum sampai di London, sebaiknya siapkan beberapa hal sebelum Anda pergi.

1. Dapatkan work permit (izin kerja) terlebih dahulu 

Untuk mendapatkan work permit, Anda dapat membacanya di sini.

2. Dapatkan visa kerja 

Ada dua jenis visa kerja, yakni:

a. Tier 1 (General) Visa

Ini untuk mereka yang memiliki skill sangat tinggi dan sangat dibutuhkan di Inggris. Sayangnya skema ini secara resmi berakhir pada tanggal 6 April 2011. UK Boarder Agency telah menghentikan pemrosesan permohonon Tier 1 Visa (General) untuk mereka yang berasal dari luar Inggris Raya. Jika Anda ingin datang dan bekerja di Inggris yang sangat memungkinkan saat ini adalah dengan Tier 2 Visa (General).

Namun pemegang Tier 1 (General) Visa bsia mengajukan perpanjangan. Jika Anda ingin mengajukan perpanjangan, Anda harus mengisikan formulir penilaian Perpanjangan Tier 1 General Visa.

Baca juga: Berencana Kerja di Jepang? Ini yang Harus Anda Tahu!

b. Tier 2 (General) Visa

Dengan Tier 2 (General) Visa Anda diizinkan datang dan bekerja di Inggris. Untuk mendapatkan Tier 2 (General) visa, Anda harus mendapatkan tawaran pekerjaan dari calon majikan di Inggris. 

Dan dengan Tier 2 (General) visa, Nuraini dan Wati bisa bekerja di Inggris. Mereka berdua mendapatkan tawaran pekerjaan dari majikan di Inggris, kendatipun tidak ada kerjasama resmi pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Inggris. 

Tier 2 General visa diperuntukkan bagi pekerja yang semi terampil atau sangat terampil dengan tawaran pekerjaaan di Inggris untuk mengisi posisi yang tidak bisa diisi oleh warga negara Inggris atau EEA.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pekerjaan di Amerika Serikat Sebagai Warga Negara Asing

Pemohon yang diizinkan tinggal sementara sesuai dengan Tier 2 General Visa diizinkan untuk tinggal dan bekerja di Inggris untuk jangka waktu maksimal 3 tahun, atau sesuai jangka waktu yang dinyatakan dalam surat pernyataan pensponsoran, mana yang lebih pendek. 

Untuk mendapatkan visa kerja ini, usia Anda harus antara 18 - 45 tahun, tidak boleh kurang ataupun lebih dari rentang usia tersebut. 


Anda sudah memenuhi persyaratan di atas? Jika sudah, Anda bisa tinggal dan bekerja di Inggris dengan benefit yang jauh lebih besar dibandingkan bekerja di beberapa negara lain. 

Selamat mencoba 

30 Responses to "Ingin Bekerja di Inggris? Begini Caranya untuk Tinggal dan Bekerja di Inggris!"

  1. I want work in UK, I am have teaching skill

    ReplyDelete
  2. Saya sungguh-sungguh ingin bekerja di inggris,bermodalkan passport masih berlaku,adakah yang mau akan membantuku,,,

    ReplyDelete
  3. Kehidupanku kepingin lebih baik dapat membahagiakan orang tua,berguna bagi masyarakat,agama,golongan,& untuk negara tentunya nanti.keinginanku ini mungkin hanyalah mimpi belaka.percaya diri tentunya,orang no.1 dulu pernah bilang "bermimpilah setinggi langit & ketika engkau jatuh diantara bintang bintang".tapi kadang saya berfikir apakah mungkin orang seperti saya biasa ini bisa kelangit…

    ReplyDelete
  4. Meskipun skill & bahasa masih nol katakanlah,tapi insya allah pasti bisa suatu saat ketika sudah diinggris,,,

    ReplyDelete
  5. Meskipun skill & bahasa masih nol katakanlah,tapi insya allah pasti bisa suatu saat ketika sudah diinggris,,,

    ReplyDelete
  6. Saya sungguh-sungguh ingin bekerja di inggris,bermodalkan passport masih berlaku,adakah yang mau akan membantuku,,,

    ReplyDelete
  7. Aman apri,, lu cari kerja di dalem negeri aja susah, apalagi ke inggris. Ternak ayam aja yg jelas2 menguntungkan. Bisa mulai kerja dulu ngumpulin modal dari jaga kandang ayam orang, sambil belajar gimana ternak ayam.

    Kecuali klo pengen lgsg ternak ayam di inggris ya, itu gw rasa ga ada yg bisa bantu lu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan kriteria di atas memang sangat ketat ya, dan yang jelas harus memiliki skill yang memadai, dan tentu saja tekad kuat.

      Kita tidak perlu mencari pun, jika skill kita diperlukan, kita akan mendapatkan tawaran kerja.

      Bulan April lalu saya dapat tawaran dari sebuah perusahaan media di London, Inggris sebagai penerjemah: calling visa dan tiket penerbangan mereka siapkan, tetapi saya menolak, saya lebih memilih di Indonesia saja sebagai freelancer online. Lalu bulan Juni 2017 saya dapat tawaran juga dari Edinburgh, Irlandia sebagai linguist coordinator untuk perusahaan penerjemah internasional. Lagi-lagi saya menolak, karena saya lebih suka bekerja di Indonesia sebagai freelancer online, damai dekat keluarga, meski mungkin gaji yang mereka tawarkan jauh lebih menggiurkan.

      Delete
    2. Ya u are right, u choose to work in Indonesia Bcs u hv a better life in here. But for us , we want to go there to get a better life .

      Delete
  8. Saya ingin bekerja di inggris, skill saya home creative,

    ReplyDelete
  9. saya sangat ingin sekali kerja di inggris...saya mempunyai skill memasak...jika ada yg bisa membantu...terimakasih...0812 5361 3519

    ReplyDelete
  10. I want work in UK, I am have IT skill

    ReplyDelete
  11. Ada ribuan timor leste yang bekerja disana kok.......

    ReplyDelete
  12. Pngin banget kerja di inggris..jadi apa ajalah boleh yg pnting halal

    ReplyDelete
  13. Im Really want to go to london, working and living there to get a better life. I hv an experience in F&B or hotel line. If any one know how to apply job there. Plese kindly email me. At Emily7344@gmail.com. Im good in Speaking ,writing in english . Thanks.

    ReplyDelete
  14. Saya,sangat membutuhkan pekerjaan untuk suami saya,saya sudah bekerja di sebuah perusahaan swasta tapi gaji saya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari2,suami saya orangnya jujur,tolong suami saya untuk bisa bekerja di london, terima Kasih

    ReplyDelete
  15. Pengen kerja di london, tp skill bertender masih belum di asah. Biar bisa dapet jdoh orang london 😷

    ReplyDelete
  16. Pengen kerja di london, tp skill bertender masih belum di asah. Biar bisa dapet jdoh orang london 😷

    ReplyDelete
  17. Sy ingin sekali bekerja di Inggris ingin mengadu nasib disana barangkali nasib Sy lebih baik disana,Sy BS/mengerti mslh komputer tolong siapa yg mau berbaik hati menolong Sy agar Sy BS ke Inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang menolong Sy BS hubungi Sy ke 085602071819

      Delete
  18. Hi im Cynthia.i want to work in London.can you help me,please.081293656716.thank you.

    ReplyDelete
  19. Am riska.I want work in London.if require contact to this.082232446981.thank you

    ReplyDelete
  20. Hi im Andri, i want to work in London.can you help me,please

    082214259798
    .thank you.

    ReplyDelete
  21. apa ajalah, pokoknya kerja halal saya mau...

    yg gak bisa jg pasti saya jd bisa, pokoknya halal...

    ReplyDelete
  22. apa ajalah, pokoknya kerja halal saya mau...

    yg gak bisa jg pasti saya jd bisa, pokoknya halal...

    ReplyDelete
  23. Kerja dulu disini udh ada modal buat disana baru lu hub gw .. Di inggris gk biaya hidup mahal 1minggu buat ngontrak aja 4jt , seminggu ya itu

    ReplyDelete
  24. kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya’pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam’nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi Kenyataan.

    ReplyDelete

  25. Terpaksa sy berucap dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jd Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




    ReplyDelete
  26. Hi.. Saya Wahyu. Berminat mencoba bekerja di London, Cambridge atau Birmingham. Saat ini masih bekerja sbg Desainer Grafis, dengan paspor yang ada.

    ReplyDelete