Ingin Bekerja di Inggris? Begini Caranya untuk Tinggal dan Bekerja di Inggris!

Beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan seorang TKW yang mendadak perekonomian keluarganya berubah drastis setelah bekerja di Inggris. Namun bagaimana caranya untuk tinggal dan dan bekerja di Inggris?

Tidak seperti negara Filipina, India, dan Nepal yang secara resmi menjadikan Inggris sebagai salah satu negara tujuan tenaga kerja mereka, Indonesia tidak secara resmi menjadikan Inggris sebagai salah satu tujuan mencari pekerjaan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI).

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa bekerja di Inggris, khususnya jika Anda memiliki skill dan pengalaman yang memadai. 

Di sebuah forum, expat.com, Yenni Sugiarto, mengatakan baru saja pindah ke London dan mencari pekerjaan ke sana kemari, door to door, namun belum ada juga pekerjaan menghampirinya. 


"hi, im indonesian woman just move to London. im looking for a job to start my new life. i already try to find a job door by door but still no call till now. i dont like to use agency to find a job. i have not much money so i need to find a job as soon as possible. any idea? thanks"

(Hai... saya seorang wanita Indonesia yang baru saja pindah ke London. Saya sedang mencari pekerjaan untuk memulai kehidupan baru saya. Saya sudah berusaha mencari pekerjaan dari pintu ke pintu, tetapi masih belum ada panggilan sampai sekarang. Saya tidak ingin menggunakan agensi untuk mendapatkan pekerjaan. Saya tidak punya banyak uang sehingga saya perlu mendapatkan pekerjaan segera. Ada ide? Terima kasih.)


Ada banyak saran yang masuk untuk Yenni, ada juga yang memberikan tawaran pekerjaan, bahkan setelah dua tahun ia memposting tulisan tersebut. 


Pekerjaan di London cukup banyak, tetapi rata-rata kesulitan yang dihadapi adalah tentang permit (izin) masuk dan bekerja di London. 

Jika Anda belum sampai di London, sebaiknya siapkan beberapa hal sebelum Anda pergi.

1. Dapatkan work permit (izin kerja) terlebih dahulu 

Untuk mendapatkan work permit, Anda dapat membacanya di sini.

2. Dapatkan visa kerja 

Ada dua jenis visa kerja, yakni:

a. Tier 1 (General) Visa

Ini untuk mereka yang memiliki skill sangat tinggi dan sangat dibutuhkan di Inggris. Sayangnya skema ini secara resmi berakhir pada tanggal 6 April 2011. UK Boarder Agency telah menghentikan pemrosesan permohonon Tier 1 Visa (General) untuk mereka yang berasal dari luar Inggris Raya. Jika Anda ingin datang dan bekerja di Inggris yang sangat memungkinkan saat ini adalah dengan Tier 2 Visa (General).

Namun pemegang Tier 1 (General) Visa bsia mengajukan perpanjangan. Jika Anda ingin mengajukan perpanjangan, Anda harus mengisikan formulir penilaian Perpanjangan Tier 1 General Visa.

Baca juga: Berencana Kerja di Jepang? Ini yang Harus Anda Tahu!

b. Tier 2 (General) Visa

Dengan Tier 2 (General) Visa Anda diizinkan datang dan bekerja di Inggris. Untuk mendapatkan Tier 2 (General) visa, Anda harus mendapatkan tawaran pekerjaan dari calon majikan di Inggris. 

Dan dengan Tier 2 (General) visa, Nuraini dan Wati bisa bekerja di Inggris. Mereka berdua mendapatkan tawaran pekerjaan dari majikan di Inggris, kendatipun tidak ada kerjasama resmi pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Inggris. 

Tier 2 General visa diperuntukkan bagi pekerja yang semi terampil atau sangat terampil dengan tawaran pekerjaaan di Inggris untuk mengisi posisi yang tidak bisa diisi oleh warga negara Inggris atau EEA.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pekerjaan di Amerika Serikat Sebagai Warga Negara Asing

Pemohon yang diizinkan tinggal sementara sesuai dengan Tier 2 General Visa diizinkan untuk tinggal dan bekerja di Inggris untuk jangka waktu maksimal 3 tahun, atau sesuai jangka waktu yang dinyatakan dalam surat pernyataan pensponsoran, mana yang lebih pendek. 

Untuk mendapatkan visa kerja ini, usia Anda harus antara 18 - 45 tahun, tidak boleh kurang ataupun lebih dari rentang usia tersebut. 


Anda sudah memenuhi persyaratan di atas? Jika sudah, Anda bisa tinggal dan bekerja di Inggris dengan benefit yang jauh lebih besar dibandingkan bekerja di beberapa negara lain. 

Selamat mencoba 

14 Responses to "Ingin Bekerja di Inggris? Begini Caranya untuk Tinggal dan Bekerja di Inggris!"

  1. I want work in UK, I am have teaching skill

    ReplyDelete
  2. Saya sungguh-sungguh ingin bekerja di inggris,bermodalkan passport masih berlaku,adakah yang mau akan membantuku,,,

    ReplyDelete
  3. Kehidupanku kepingin lebih baik dapat membahagiakan orang tua,berguna bagi masyarakat,agama,golongan,& untuk negara tentunya nanti.keinginanku ini mungkin hanyalah mimpi belaka.percaya diri tentunya,orang no.1 dulu pernah bilang "bermimpilah setinggi langit & ketika engkau jatuh diantara bintang bintang".tapi kadang saya berfikir apakah mungkin orang seperti saya biasa ini bisa kelangit…

    ReplyDelete
  4. Meskipun skill & bahasa masih nol katakanlah,tapi insya allah pasti bisa suatu saat ketika sudah diinggris,,,

    ReplyDelete
  5. Meskipun skill & bahasa masih nol katakanlah,tapi insya allah pasti bisa suatu saat ketika sudah diinggris,,,

    ReplyDelete
  6. Saya sungguh-sungguh ingin bekerja di inggris,bermodalkan passport masih berlaku,adakah yang mau akan membantuku,,,

    ReplyDelete
  7. Aman apri,, lu cari kerja di dalem negeri aja susah, apalagi ke inggris. Ternak ayam aja yg jelas2 menguntungkan. Bisa mulai kerja dulu ngumpulin modal dari jaga kandang ayam orang, sambil belajar gimana ternak ayam.

    Kecuali klo pengen lgsg ternak ayam di inggris ya, itu gw rasa ga ada yg bisa bantu lu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan kriteria di atas memang sangat ketat ya, dan yang jelas harus memiliki skill yang memadai, dan tentu saja tekad kuat.

      Kita tidak perlu mencari pun, jika skill kita diperlukan, kita akan mendapatkan tawaran kerja.

      Bulan April lalu saya dapat tawaran dari sebuah perusahaan media di London, Inggris sebagai penerjemah: calling visa dan tiket penerbangan mereka siapkan, tetapi saya menolak, saya lebih memilih di Indonesia saja sebagai freelancer online. Lalu bulan Juni 2017 saya dapat tawaran juga dari Edinburgh, Irlandia sebagai linguist coordinator untuk perusahaan penerjemah internasional. Lagi-lagi saya menolak, karena saya lebih suka bekerja di Indonesia sebagai freelancer online, damai dekat keluarga, meski mungkin gaji yang mereka tawarkan jauh lebih menggiurkan.

      Delete
  8. Saya ingin bekerja di inggris, skill saya home creative,

    ReplyDelete
  9. saya sangat ingin sekali kerja di inggris...saya mempunyai skill memasak...jika ada yg bisa membantu...terimakasih...0812 5361 3519

    ReplyDelete
  10. I want work in UK, I am have IT skill

    ReplyDelete
  11. Ada ribuan timor leste yang bekerja disana kok.......

    ReplyDelete
  12. Pngin banget kerja di inggris..jadi apa ajalah boleh yg pnting halal

    ReplyDelete