Tips Interview Online Melalui Skype

Ketika teknologi semakin canggih, cara mencari pekerjaan pun makin canggih. Begitu pula cara interview atau wawancara juga semakin canggih. Salah satu wawancara yang menggunakan teknologi adalah menggunakan Skype.

Credit: thoughtco.com

Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk interview melalui Skype atau aplikasi online vide conference lainnya, berikut tips interview online melalui Skype.

1. Berpakaian secara profesional

Meskipun tidak bertatap muka langsung, etika berpakaian tetap berlaku. Menurut Mathhew Roberts, CEO NonExecutiveDirectors.com dinamikanya memang berbeda, dengan bahasa tubung yang menjadi penghalang utama, sehingga penting sekali bagi Anda utnuk membuat kesan yang baik berdasarkan pakaian yang Anda kenakan dan sekitar lokasi Anda. Jangan pernah berpakaian ala kadarnya. Dengan berpakaian formal dan profesional, itu akan membantu Anda merasakan bahwa interview itu sebuah interview formal dan menempatkan Anda pada kerangka yang tepat. 

2. Pilih latar belakang tempat duduk Anda dengan benar

"Cari tempat yang rapi dan netral. Latar belakang yang kacau, tanaman bunga dalam pot, dan banyak makanan di belakang Anda sangat berpengaruh penglihatan pewawancara Anda dan mencerminkan betapa buruknya Anda," kata Jonathan Bannet, direktur Capita Resourcing.

Sebaiknya pilihlah latar belakang yang netral dan hindari pernak-pernik yang justru akan mengganggu konsentrasi pewawancara. Selain itu, pernak-pernik dan latar belakang yang tidak netral menunjukkan Anda tidak profesional.

3. Kuasai teknologi Skype terlebih dahulu sebelum wawancara

Menguasai cara kerja dan teknologi Skype ini sangat penting bagi Anda untuk menghindari kepanikan di menit-menit akhir wawancara. Sebelum Anda melakukan interview, cobalah lakukan uji coba interview dengan teman Anda untuk memastikan bahwa koneksi Anda lancar juga tampilan gambar Anda di layar pewawancara berjalan normal. Dengan demikian, kepercayaan diri Anda pun akan meningkat.

Namun, jika hal-hal yang tidak Anda kehendaki terjadi, misalnya koneksi yang buruk, Anda tidak perlu panik. Interviewer Anda pun akan memahami bahwa masalah itu tetap saja bisa terjadi, yang paling penting upayakan Anda untuk tampil profesional dan sampaikan permintaan maaf dengan rasa percaya diri dan tenang.

4. Jangan terlambat

Terlambat untuk wawancara menjadi poin buruk bagi Anda. Jangan terlambat. Jangan sampai interview Anda tertunda, karena selain berakibat pada penilaian buruk terhadap Anda, bisa juga berpeluang bahwa Anda justru akan ditinggalkan oleh pewawancara.

Siapkan segala sesuatunya beberapa saat sebelum Anda memulai wawancara, sehingga Anda tidak lagi akan canggung saat wawancara. Siapkan catatan juga air minum, sehingga pada saat Anda haus selama proses wawancara, Anda tidak merasa kering di dalam tenggorokan saat Anda diberi kesempatan untuk berbicara atau menjawab pertanyaan dari interviewer.

5. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Ketika interview secara online melalui Skype, ada lebih banyak ruang informal yang Anda dapatkan, jika dibandingkan dengan ketika Anda interview secara langsung. Dengan demikian, sangat penting untuk menjaga bahasa tubuh Anda.

Kontak mata dengan interviewer sangat penting juga ekspresi wajah yang tidak canggung dengan teknologi. Usahakn Anda tersenyum dan tetap fokus pada kontak mata. Buat seramah mungkin dan sebisa mungkin tampil dengan wajah yang menyenangkan. Ini akan menjadi poin plus bagi Anda.

Lima tips tips interview online melalui Skyp di atas sangat penting untuk Anda praktikkan. Media apa pun yang Anda gunakan, entah Skype, Google Hangout, atau video call lainnya, perhatikan kelima poin di atas agar kesempatan Anda dipertimbangkan oleh interviewer Anda lebih tinggi.

0 Response to "Tips Interview Online Melalui Skype"