Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Mengapa Anda Ingin Bekerja di Sini?

Interview sebagai tahap akhir dari proses perekrutan karyawan baru menjadi hal yang wajib bagi perusahaan untuk menyaring calon karyawan paling potensial. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh interviewer, mulai dari sekedar basa-basi hingga pertanyaan serius. Namun, secara umum, pertanyaan standar akan selalu diajukan. 

Setelah membahas cara menjawab pertanyaan "Apa kekurangan terbesar Anda?", kini kita akan membahas bagaimana cara menjawab pertanyaan wawancara "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?".

Credit: www.americanstaffinginc.net

Pertanyaan ini sebetulnya bisa juga diajukan oleh interviewer dengan pertanyaan: "Mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan?" atau "Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?" Inti pertanyaan sama, yaitu alasan mengapa Anda melamar pekerjaan itu dan ingin mendapatkannya.

Untuk menjawab dengan tepat, Anda harus melakukan pekerjaan rumah dengan mengidentifikasi alasan-alasan spesifik mengapa Anda ingin bekerja di tempat itu. Jawaban Anda bisa terkait dengan alasan: reputasi perusahaan, reputasi manajemen puncak, pengakuan atas produk atau jasa yang mereka berikan, pengakuan dari perusahaan lain, penghargaan yang diterima oleh perusahaan, falsafah manajemen perusahaan, posisi perusahaan di pasar, pertumbuhan atau keberhasilan perusahaan, nilai-nilai perusahaan, atau alasan spesifik, misalnya karena dekat dengan rumah Anda. 

Kesalahan umum yang sering dilakukan ketika menjawab pertanyaan "Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?"

1. Jawaaban terlalu umum yang bisa saja berlaku untuk sembarang perusahaan 


Contoh jawaban salah terkait dengan jawaban umum ini adalah "Ini adalah perusahaan yang besar dan saya suka bekerja di sini." Meskipun jawaban itu bagus, tetapi tidak spesifik dan tidak masuk akal. 

2. Jawaban yang menunjukkan Anda tidak paham tentang perusahaan 


Anda menjawab sesuatu yang Anda sama sekali tidak ketahui apa yang dilakukan oleh perusahaan, atau Anda mengungkapkan ide yang rancu dan hanya sekedar Anda berharap Anda ditempatkan pada posisi tersebut. 

3. Jawaban tanpa ekspresi yang membuat pewawancara justru tidak yakin apakah Anda benar-benar menginginkan pekerjaan itu


Anda ingin meyakinkan pewawancara bahwa Anda sangat tertarik untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Hindari jawaban seperti, "Saya dengar ada lowongan di perusahaan ini, sehingga saya melamar." Ini menunjukkan jawaban yang ala kadarnya dan tidak semangat sama sekali. 

Bagaimana cara menjawab pertanyaan "Mengapa Anda tertarik bekerja di sini?"


Untuk menjawab pertanyaan ini, tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang membuat Anda tertarik dengan pekerjaan ini. Mengapa Anda merespon job description ini? 

Anda harus bisa membahas apa yang menarik Anda melamar pekerjaan tersebut. Karena, setiap manajer ingin mempekerjakan seseorang akan menyukai pekerjaan yang dibutuhkan dan berkomitmen untuk melakukan pekerjaan hebat. Jawaban yang bagus akan memungkinkan Anda untuk menunjukkan potensi seberapa bagus Anda nantinya di tempat kerja. 


Contoh jawaban pertanyaan wawancara "Mengapa Anda melamar pekerjaan ini?"


"Bank reputasi Bank BCA jelas menjadi salah satu faktor mengapa saya melamar pekerjaan ini. Saya akan merasa bangga bekerja di perusahaan yang memiliki riwayat kepemimpinan di industri perbankan. 

Selain itu, salah satu teman baik saya juga bekerja di salah satu anak perusahaan Bank BCA yang bergerak di asuransi jiwa dua tahun terakhir. Dia mengatakan pada saya bahw budaya kerja sangat mendukung untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Ini benar-benar imbalan bagi kerja keras karyawan."

0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Mengapa Anda Ingin Bekerja di Sini?"