Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Kira-Kira di Mana Anda 5 Tahun dari Sekarang?"

Pertanyaan saat interview: "Kira-kira di mana Anda 5 tahun dari sekarang?" sebenarnya adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara untuk memahami lebih jauh tentang tujuan karir Anda dan apakah posisi yang ditawarkan ini disesuaikan dengan rencana besar Anda. Interviewer peduli dengan karir Anda sebab mereka ingin mempekerjakan orang yang memiliki motivasi, proaktif, komitmen, dan juga bekerja keras jika dipekerjakan.

credit: actualidadempresa.com

Pertanyaan ini bisa juga diajukan dengan ungkapan mirip, namun tetap saja berkaitan dengan rencana Anda 5 tahun ke depan. Misalnya:

"Apa tujuan karir jangka panjang Anda?"
"Apa yang Anda cari?"
"Bagaimana Anda mendefinisikan sukses?"
"Apa yang paling penting bagi Anda dalam karir Anda?"

Dengan tingginya animo pencari kerja terhadap lowongan kerja, tentu interviewer ingin mendapatkan calon karyawan terbaik, yang benar-benar sangat menyukai pekerjaannya, seseorang yang melihat pekerjaan sebagai pergerakan karir yang bagus dan bekerja keras untuk mencapai hasil maksimal.

Terkait pertanyaan "Di mana kira-kira Anda 5 tahun dari sekarang?", jika tujuan lima tahun yang akan datang Anda adalah sebagai bankir investasi, maka sulit bagi mereka untuk percaya bahwa posisi ini sebagai manajer pemasaran IT adalah pekerjaan impian Anda. Manajer HRD umumnya tidak menyukai untuk merekrut, mempekerjakan, dan melatih orang-orang baru, karena mereka berpikri itu menghabiskan banyak waktu. 

Yang pasti, jangan pernah berbohong saat interview pekerjaan. Namun, itu bukan berarti Anda harus 100% jujur tentang arah yang Anda cari. 

Contoh jawaban pertanyaan, "Kira-kira di manakah Anda 5 tahun ke depan?"

Contoh 1: 

"Tujuan saya saat ini adalah mencari posisi di sebuah perusahaan di mana saya bisa bertumbuh dan mendapatkan tantangan-tantangan baru seiring waktu. Pada gilirannya nanti, saya bisa berasumsi bahwa akan ada tanggung jawab manajemen lebih dan terlibat dalam strategi produk. Namun yang paling penting, saya ingin bekerja di perusahaan di mana saya bisa membangun karir."

Dengan jawaban ini, kandidat menawarkan gagasan ke dalam tujuan dan minat kandidat itu sendiri (menjadi manajer, terlibat dalam strategi produk), sehingga itu tidak terlalu generik. Respon ini juga secara tegas menekankan keinginan kuat untuk karir jangka panjang pada perusahaan. 

Contoh 2:

"Saya berkeinginan kuat untuk menjadi yang terbaik dari diri saya dan saya ingin bekerja di tempat di mana saya akan memiliki peluang untuk mengembangkan skill saya, melaksanakan proyek-proyek penting, dan bekerja dengan orang-orang yang bisa saya jadikan tempat belajar hal-hal baru. Sebagian pemikir paling inovatif ada di industri ini bekerja di sini dan itulah alasan terbesar saya mengapa saya ingin membangun karir di sini."

Dengan jawaban ini, kandidat menekankan fokusnya pada pembelajaran, kinerja, dan prestasi. Kandidat juga memuji perusahaan dan reputasinya mempekerjakan orang-orang yang berkualitas (termasuk interviewer). Merujuk ke "membangun karir di sini" mengindikasikan keinginan untuk loyal dan memberikan kontribusi. 

0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Interview: "Kira-Kira di Mana Anda 5 Tahun dari Sekarang?""