Seberapa Penting Akun LinkedIn bagi Profesional dan Pencari Kerja


Situs jejaring sosial LinkedIn sudah dikenal sebagai jejaring sosial para profesional. Tidak ada ungkapan, status, atau posting lebay seperti halnya di Facebook dan jejaring sosial lainnya. Tidak juga seperti Twitter yang banyak berisi postingan politik. 

Memiliki akun LinkedIn bisa dianggap mutlak bagi seorang profesional. Di sana, Anda juga bisa menunjukkan siapa Anda, seperti halnya CV. Di LinkedIn Anda juga bisa menjalin koneksi dengan para profesional di bidang Anda, dari berbagai kalangan dan berbagai negara. Di sana juga, peluang pekerjaan atau pun klien bisa datang. 




LinkedIn juga tempat di mana HR Manager dan rekruter nongkrong. Jejaring sosial ini memberikan peluang kepada Anda utnuk terhubung dengan perusahaaan atau orang yang ada dalam perusahaan itu secara langsung. 

Setidaknya, sampai hari ini, LinkedIn, yang saat ini sudah diakuisis oleh Microsoft, mengklaim lebih dari 500 juta pengguna jejaring sosial yang fokus pada bisnis ini. 500 juta pengguna LinkedIn berasal dari lebih 200 negara. Jejaring sosial ini juga telah mencantumkan lebih dari 10 juta lebih postingan pekerjaan aktif dan lebih dari 9 juta perusahaan. 

Lalu, mengapa LinkedIn penting bagi pencari kerja?

Dikutip dari tulisan Kinley McFaden di smartbusinesstren.com, setidaknya adalah 5 poin penting mengapa LinkedIn penting bagi profesional dan pencari kerja.

1. LinkedIn adalah tempat yang sangat tepat untuk terhubung dengan para profesional


LinkedIn sangat bagus untuk membangun hubungan yang kuat, khususnya antar profesional, orang-orang sepemahaman, para leader berpikiran ke depan dan orang-orang dalam industri Anda atau orang-orang yang memiliki minat yang sama. 

Di sini, Anda bisa bertukar pikiran, pengalaman, kegiatan yang akan datang, informasi penting, dan tentang lowongan kerja. Anda juga bisa menyuarakan pendapat Anda, ikut serta dalam diskusi, dll. 

2. LinkedIn tetap menjdi platform terbaik untuk mempromosikan diri Anda sebagai seorang profesional


LinkedIn itu seperti halaman atau portal yang sangat pribadi bagi Anda, di mana Anda bisa mencantumkan semua prestasi dan perolehan yang pernah Anda raih, detail pengalaman kerja dan keterampilan Anda, juga informasi lain yang penting. Informasi tersebut dibagikan ke semua orang yang terkoneksi dengan Anda, juga para profesional, pencari karyawan, CEO, dan rekruter yang mungkin mencari seseorang seperti Anda. 

Pastikan bahwa Anda memiliki profil yang rinci dan lengkap, yang mengesankan bagi siapa pun yang melihatnya!

3. LinkedIn adalah tempat terbaik untuk mendapatkan pekerjaan 


Jika Anda mencari pekerjaan, LinkedIn tetap menjadi tempat paling bagus dan satu-satunya tempat yang memberikan kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan!

LinkedIn akan merekomendasikan pekerjaan yang paling sesuai dengan rincian profil Anda, juga menunjukkan daftar lowongan kerja yang relevan untuk Anda. 

Anda juga dapat mengunjungi halaman perusahaan, dan melacak perusahaan untuk semua lowongan kerja, orang-orang yang mungkin meninggalkan organisasi (yang tentu saja akan ada peluang di perusahaan itu), dan lain sebagainya. 


4. LinkedIn membuat Anda tetap mendapatkan informasi terbaru tentang apa yang terjadi di industri Anda


Orang-orang berbagi peristiwa, pengalaman, dan kejadian di LinkedIn. Ketika Anda terhubung dengan teman-teman kerja dan kolega, Anda mendapatkan informasi, pengetahuan, dan wawasan tentang apa yang terjadi di industri Anda. Anda tetap mendatkan informasi terbaru dan segala sesuatu yang terjadi di ceruk pasar Anda. 

LinkedIn adalah cara yang bagus untuk mendapatkan informasi apa pun yang sedang terjadi di bidang yang Anda geluti, khususnya yang paling relevan dengan Anda. 

5. LinkedIn adalah cara yang mantap untuk ditemukan di Google


Sebagai individu maupun perusahaan, halaman Anda cenderung cepat masuk halaman depan di Google. Ini karena jejaring sosial ini mendapatkan otoritas Google, dan website ini cenderung berperingkat bagus di SERP Google. 

Sehingga, jika Anda memiliki halaman LinkedIn, peluang nama Anda dan halaman LinkedIn Anda akan mudah ditemukan di halaman pertama pencarian Google. 

Saya, penulis, bekerja sebagai freelancer translator internasional dengan beberapa klien. Ada beberapa klien yang datang melalui jejaring sosial LinkedIn, tanpa saya mencari, tanpa melamar.


0 Response to "Seberapa Penting Akun LinkedIn bagi Profesional dan Pencari Kerja"