Pekerjaan Data Entry: Apa dan Bagaimana Cara Pekerjaan Data Entry Dibayar?

Mungkin Anda pernah membaca lowongan pekerjaan data entry dengan gaji menggiurkan dan syarat yang sangat mudah? Jangan mudah tergiur terlebih dahulu. Perhatikan banyak hal, termasuk bagiamana cara kerja, apa itu data entry, dan bagaimana atau berapa Anda dibayar.

Informasi gaji pekerjaan data entry beragam berdasarkan banyak faktor, seperti lokasi (pekerjaan berbasis rumah atau pekerjaan berbasis kantor), pemilik pekerjaan ataupun status kontraktor, struktur upah, dan tingkat kesulitan ataupun skill yang disyaratkan. 
Pekerjaan data entry
courtesy: telegenisys.com

Namun, pada kenyataan adalah bahwa pekerjaan data entry, baik itu di rumah ataupun di kantor, umumnya membayar upah yang sangat kecil, sehingga perusahaan atau organisasi yang menjanjikan gaji besar untuk pekerjaan data entry akan sangat mungkin scam.

Gaji pekerjaan data entry dari rumah versus data entry dari kantor 

Seperti halnya posisi kerja di rumah, pekerjaan data entry yang dikerjakan dari rumah sangat mungkin membayar Anda dengan bayaran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan data entry yang dikerjakan di kantor. Ini bukan karena semata bahwa mereka yang mau bekerja dari rumah mau dibayar lebih kecil untuk bisa bekerja tanpa meninggalkan rumah. Namun karena pekerjaan data entry dari rumah selalu dikerjakan oleh kontraktor independen, yang tidak tunduk kepada upah minimum. Pekerjaan-pekerjaan ini mungkin juga bersaing dengan pekerjaan global lainnnya yang dapat dikerjakan dari rumah, yang pada gilirannya membayar upah rendah.

Pekerjaan data entry membayar dengan menggunakan berbagai struktur bayaran, di antaranya:

  • upah per jam
  • upah per lembar 
  • upah per kata
  • dan lain sebagainya
Di Amerika Serikat, posisi-posisi pekerjaan yang membayar dengan struktur selain upah per jam, harus membayar upah minimum sesauai standar negara bagian di mana pekerjaan itu dilakukan. Namun, model struktur upah seperti ini memberikan kesempatan kepada operator data entry yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan penghasilan lebih. Selain itu, cara di mana pekerjaan data entry dikirimkan kepada para pekerja berbasis rumahan bisa mempengaruhi bayarannya.

Pekerja yang masuk ke situs dengan banyak pekerja atau situs dengan pekerjaan sedikit pekerjaan mungkin tidak dapat mencapai jumlah pekerjaan yang banyak dalam satu jamnya untuk mendapatkan upah cukup lumayan.

Baca juga: Mencari Pekerjaan Data Entry? Ini Daftar Perusahaan Tempat Anda Berburu Pekerjaan Data Entry!

Skill yang disyaratkan

Beberapa pekerjaan data entry mensyaratkan skill lain seperti memverifikasi data atau mengedit. Pekerjaan-pekerjaan ini biasanya membayar lebih. Jika pekerjaan tersebut dibayarkan berdasarkan lembaran, maka upahnya akan lebih tinggi tetapi akan butuh waktu lebih banyak untuk mengerjakannya, sehingga secara keseluruhan bisa lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang skillnya kurang. Selain itu, pekerjaan transcription mungkin juga diiklankan sebagai data entry. Karena pekerjaan ini membutuhkan skill dan keakuratan lebih, biasanya akan membayar Anda lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan data entry saja. 

Informasi gaji data entry

Menurut Bureau of Labor Statistics, mereka yang bekerja sebagai data entry (bukan transkripsionis atau pengetik) dibayar rata-rata hampir US$14 per jam. Namun, ini untuk pekerjaan kantoran, bukan rumahan. 

Bayaran bagi pekerjaan data entry bisa bervariasi mulai dari 1 dollar per jam hingga sama dengan rata-rata bayaran kerja di kantor. 

Bagaimana dengan di Indonesia?

Banyak sekali iklan pekerjaan sebagai data entry atau bahkan administrasi, dengan persyaratan minimal SMA sampai S2, usia 17 tahun sampai 58 tahun. Validkah itu?
Percaya atau tidak percaya. Itu adalah scam!

0 Response to "Pekerjaan Data Entry: Apa dan Bagaimana Cara Pekerjaan Data Entry Dibayar?"