Cara Mengetahui Pekerjaan yang Cocok untuk Anda

Banyak sekali orang yang tidak mengetahui sebetulnya karir apa yang mereka inginkan. Sebagian dari mereka mencari pekerjaan hanya karena daripada tidak bekerja, sebagian yang lain "terjebak" kepada pekerjaan yang sebetulnya tidak mereka inginkan.

Karir apa yang sebenarnya Anda inginkan? Masih bingung? Tidak perlu panik! Dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana, Anda akan mengetahui karir atau pekerjaan apa yang Anda inginkan.

Berikut beberapa pertanyaan untuk mengetahui cara mengetahui karir atau pekerjaan yang cocok untuk Anda.

1. Jenis pekerjaan pa yang sesuai dengan kepribadian saya? 

Rasanya akan tepat jika Anda menuliskan atau mendaftar sifat-sifat karakter utama Anda sebelum Anda mulai memikirkan pekerjaan. Apakah Anda kreatif? Apakah Anda adalah seseorang yang mahir dengan angka-angka? Apakah Anda memiliki bakat sejak lahir sebagai pengelola? Atau Anda memiliki karakter yang berbeda dengan semua di atas?

2. Kualifikasi apa yang saya punyai?

Ini pertanyaan lain yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda sendiri yang berkaitan dengan cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk Anda. Memang sangat penting jika mencari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan yang pernah Anda tempuh sebagai alasan utama. Namun, Anda sebenarnya dapat mengambil langkah maju dan benar-benar menelusuri apa yang Anda nikmati dari kursus atau pendidikan Anda. Sebagai contoh, misalnya Anda mengikuti pendidikan S1 Sastra Inggris. Mungkin Anda menyukai bagian menulis essay, tetapi tidak suka presentasi, dan sebaliknya. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan elemen-elemen kursus tadi yang Anda nikmati, dan tonjolkan di CV anda dan cover letter.

Jika Anda merasa Anda tidak memiliki kualifikasi yang sangat pas untuk pekerjaan yang Anda inginkan, carilah barangkali Anda dapat menemukan elemen-elemen yang cocok.

3. Apa hobi saya?

Hampir menjadi impian semua orang untuk memiliki pekerjaan yang terkait dengan hobi mereka. Namun, bukan berarti hanya impian saja, jika Anda benar-benar sangat menginginkannya. Mulailah dengan menulis daftar semua hal yang Anda suka untuk dilakukan, dan kemudian carilah pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda.

Ketika melamar pekerjaan yang Anda sukai itu, jika ada lowongan kerja yang sesuai hobi Anda, tonjolkan bagian 'hobi dan minat' yang biasanya ada di bagian bawah CV dengan ditempatkan di posisi yang lebih menonjol.

Jika Anda tidak dapat menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan hobi Anda, carilah sesuatu yang mencakup elemen-elemen hobi Anda. Misalnya, jika Anda senang menggambar, carilah pekerjaan marketing yang ada desain grafisnya.

4. Jenis kemajuan dan tantangan karir apa yang ingin saya hadapi?

Apakah Anda orang yang suka dengan tantangan dan pekerja keras, dan ingin melesat maju dalam karir? Ketika mencari pekerjaan, selalulah mencari pekerjaan yang menawarkan kemajuan karir yang baik, dan jangan takut untuk menanyakan hal ini pada saat wawancara. 

Carilah pekerjaan yang memiliki berbagai tugas, sebab pekerjaan jenis ini membantu Anda merasa tertantang. Jika di sisi lain, Anda memiliki kegiatan rutin, fokuskan energi Anda untuk menemukan pekerjaan yang memainkan peranan kelebihan utama Anda. 

5. Pola-pola kerja seperti apa yang saya sukai?

Kita cenderung masuk ke dalam pekerjaan dengan pola 9-5 tanpa banyak pertimbangan, tetapi bisa saja Anda lebih cenderung untuk lebih bekerja siang hari, pagi hari, atau mungkin akhir pekan. Jika Anda senang begadang, mungkin pagi harinya Anda akan kesulitan untuk bangun pagi. Meskipun pekerjaan jenis ini sangat sedikit untuk ditemukan, namun jika Anda ingin menunjukkan fleksibilitas untuk bekerja di luar jam kantor, ini bisa membantu Anda terlihat dibandingkan calon-calon yang lain. Jangan lupa, kadang ada manfaat finansial jika mau bekera di "jam-jam tidak umum" itu.

0 Response to "Cara Mengetahui Pekerjaan yang Cocok untuk Anda"