Cara Mengetahui Apakah Karir Anda di Jalur yang Tepat!

Dalam perjalanan karir kita, tentu ada saatnya kita bertanya pada diri sendiri apakah karir kita sudah ada pada jalur yang tepat. Mungkin juga muncul pertanyaan apakah kita sudah pada tempat dan pekerjaan yang tepat. Pertanyaan-pertanyaan itu muncul manakala, misalnya, seharusnya kita mendapatkan promosi posisi yang kita merasa berhak mendapatkan, tetapi terlewatkan, atau hal-hal lain seperti bonus, tunjangan dan lain sebagainya yang seharusnya diterima. 


Adalah keputusan yang besar dan berani untuk berganti pekerjaan atau karir, sehingga sebelum Anda mengambil langkah besar ini, pikirkan apakah karir atau pekerjaan baru yang Anda inginkan itu benar-benar-benar Anda inginkan. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda ajukan pada diri Anda sendiri, untuk mengetahui apakah Anda sudah berada pada jalur karir yang tepat atau apakah Anda perlu pindah pekerjaan baru.

1. Pernahkah Anda terlupakan untuk promosi yang Anda rasa Anda berhak mendapatkannya?

Rasanya sangat membuat frustasi jika tidak mendapatkan promosi yang Anda kejar, khususnya jika Anda telah bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun sebelum Anda semakin setres, tanyakan pada diri Anda sendiri, dan mungkin lebih penting, atasan Anda, mengapa Anda tidak mendapatkan promosi itu. Apakah orang lain yang mendapatkan promosi, sementara kerja keras Anda tetap tak dapat imbalan, atau apakah lebih dari sekedar kasus bahwa tak seorang pun yang memperoleh promosi karena iklim perekonomian yang ada sekarang ini. Apapun alasannya, sangat penting bagi Anda untuk berbicara dengan atasan Anda tentang alasannya, dan jika Anda ingin tetap berada di perusahaan atau karir Anda itu, siapkan rencana yang akan membantu Anda mendapatkan promosi yang layak Anda dapatkan. 

2. Apakah saya percaya pada produk/perusahaan/layanan yang diberikan?

Bagaimana Anda mengakhiri pekerjaan yang sekarang? Apakah cara Anda itu Anda temukan setelah beberapa minggu atau bulan pencarian posisi yang tepat, atau hanya kebetulan saja? Jika jawabannya adalah hanya karena sesuatu yang kebetulan saja, berarti Anda ada di perahu yang sama seperti kebanyakan orang, dan kebanyakan merasa nyaman-nyaman saja. 

Namun, jika Anda merasa ragu akan perusahaan Anda, maka inilah waktunya memikirkan berganti karir. Sulit melakukan pekerjaan yang baik jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda kerjakan. Buatlah daftar perusahaan atau tipe perusahaan yang ingin Anda bekerja di dalamnya dan mulailah mencari cara mencapainya. 

3. Apakah saya cukup tertantang?

Memang membosankan jika pekerjaan yang Anda lakukan hanyalah pekerjaan rutin yang seperti hanya menghabiskan waktu saja. Bagi sebagian orang berarti bekerja untuk mengunggu akhir pekan, namun karena Anda menghabiskan sebagian waktu di tempat kerja, tidakkah Anda seharusnya melakukan sesuatu yang Anda sukai?

Mungkin ada sesuatu yang dapat Anda kerjakan di pekerjaan Anda sekarang yang memunculkan tantangan-tantangan seperti mendapatkan tanggung jawab atau tugas tambahan. Berbicaralah pada atasan Anda sebelum mengambil keputusan drastis. Jika itu bukan benar-benar sebuah opsi, renungkanlah apakah Anda ingin lanjut di perusahaan itu atau inilah saatnya Anda mencari di tempat lain.

4. Apakah ada peluang karir yang cukup bagus di  sini?

Ini adalah pertanyaan selanjutnya untuk mengetahui apakah Anda ada di jalur karir yang tepat. Kendatipun Anda ada pada pekerjaan yang Anda cintai, jika peluang peningkatan karir tidak ada bagi Anda, Anda akan segera kecewa. 

Sekali lagi, sebaiknya Anda bicarakan dengan atasan Anda tentang opsi-opsi  Anda, karena ini berkaitan dengan keinginan Anda untuk maju. Jika benar-benar tidak ada opsi untuk maju, cobalah menyadari kapan waktunya Anda siap untuk meninggalkan pekerjaan Anda sekarang dan mencari yang lain. 

5. Apakah Anda akan menerima tanggung jawab yang tidak bermanfaat apa-apa bagi karir Anda jika ditawarkan kepada Anda?

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda tidak puas pada pekerjaan Anda sekarang adalah dengan mempertimbangkan secara seksama apakah ada pekerjaan yang sepertinya tidak ada gunanya. Jika iya, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk berganti karir dan mulai sesuatu yang baru. 

0 Response to "Cara Mengetahui Apakah Karir Anda di Jalur yang Tepat!"