Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan Pertama Anda

Anda baru lulus sekolah atau kuliah dan hendak mencari pekerjaan pertama kali? Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips yang harus Anda persiapkan ketika Anda hendak melamar pekerjaan untuk pertama kalinya. 

1. Magang di bidang yang Anda minati saat Anda di perguruan tinggi 

Mulailah magang saat Anda masih di bangku sekolah atau kuliah. Gunakan situs-situs online atau datangi perusahaan yang sesuai dengan bidang dan minat Anda, mencari tempat magang dan mulai magang Anda sejak awal! Banyak tempat magang yang kompetitif yang memiliki tenggat waktu singkat maupun lama. Ikuti proses magang sebaik-baiknya, tunjukkan kinerja terbaik Anda meskipun Anda tidak dibayar. Ini bisa juga menjadi sarana bagi Anda untuk menunjukkan, siapa tahu kelak setelah Anda lulus, perusahaan tempat Anda magang akan menarik Anda untuk bekerja di perusahaan itu. 


2. Buat atau revisi resume Anda

Jika Anda belum membuat resume, sekarang saatnya Anda melakukannya. Ketika menjelaskan pengalaman Anda dan informasi apa pun yang terkait, buatlah sejelas mungkin dan detail. Hindari huruf-hufur yang mengganggu dan tidak penting. Jika Anda sudah memiliki resume, pastikan resume Anda up-to-date degnan semua pengalaman profesional Anda, skill yang penting, dan informasi pendidikan. Pastikan semua itu ada dalam resume Anda!

3 Gunakan sumber daya sekolah atau perguruan tinggi Anda

Seringkali perguruan tinggi Anda memiliki banyak nasihat karier. Jika sekolah Anda memiliki pusat karier, pastikan Anda menggunakannya. Hadiri ajang-ajang perekrutan karyawan untuk perusahaan yang Anda minati. Gabung ke klub-klub yang terkait dengan minat Anda. Jika Anda mencari pekerjaan yang mengharuskan surat rekomendasi, tulisan daftar guru atau dosen-dosen Anda yang bisa Anda mintai rekomendasi. Terakhir, jangan lupa bangun jaringan. 

4. Gunakan tool online yang tepat 

Internet adalah tool pencarian, tetapi bisa saja begitu berlimpah informasi ketika Anda tidak tahu dari mana harus memulainya. Situs-situs seperti Jobstreet bisa membantu Anda mencari pekerjaan dengan cara yang pintar dan efisien. Pastikan Anda mem-bookmark pekerjaan yang menurut Anda menarik. 

5. Lamar pekerjaan 

Lamar berbagai pekerjaan, dengan memastikan Anda memiliki dasar-dasar pekerjaan itu. Jangan curahkan pikiran Anda hanya pada satu saja. Lamar sebanyak mungkin pekerjaan yang relavan, sekalisu tetap memantau kualitas resume dan cover letter Anda. 

6. Siapkan diri untuk menghadapi interview

Setelah mengirimkan lamaran keja Anda, semoga Anda akan dipanggil untuk interview, baik melalui telepon maupun secara tatap muka langsung. Sebelum interview, pastikan Anda sudah mengenal perusahaan, dan menyiapkan diri menghadapi pertanyaan apa pun terkait perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Ingat, Anda harus tetap percaya diri, tunjukkan rasa senang pada perusahaan dan posisi yang Anda lamar.


Semoga Anda mendapatkan pekerjaan impian pertama Anda. 

0 Response to "Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan Pertama Anda"