Kena PHK Akibat Pandemi Virus Corona? Berikut Beberapa Aktivitas yang Bisa Menghasilkan Uang


Virus corona atau sering disebut Covid-19 (singkatan dari Coronavirus Disease 19) berdampak besar pada semua aspek perekonomian, termasuk pekerjaan. Banyak karyawan yang terpaksa dirumahkan bahkan terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Jika Anda mengalami PHK, berarti sumber pendapatan Anda pun akan hilang. Ini akan menyulitkan secara perekonomian keluarga ke depan. Lantas, apakah masih ada peluang pekerjaan di saat terjadi pandemi ini?




Berikut beberapa aktivitas atau pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan pendapatan di saat terjadi bencana internasional virus corona. 

1. Berjualan sembako


Sembako atau sembilan bahan pokok adalah kebutuhan pokok yang semua orang membutuhkannya. Ketika terjadi pandemi seperti saat ini, orang takut keluar rumah, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pokok sekalipun. Ini adalah peluang bagi Anda yang dapat menangkap peluang ini. 

Berjualan sembako dengan opsi bayar ditempat atau COD (cash on delivery) dengan atau tanpa ongkos kirim. Metode penjualan COD seperti ini menjamin pelanggan merasa aman dan nyaman sebab barang diantar ke tempat tujuan dan pelanggan baru mengeluarkan uang untuk pembayaran ketika sembako yang dipesan sudah diterima. 


2. Pembelajaran online

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu, khususnya terkait pelajaran sekolah, menyediakan pembelajaran online juga bisa menjadi sumber pendapatan di kala wabah corona terjadi. Anak-anak sekolah yang diliburkan selama pandemi memerlukan asupan ilmu, atau bahkan hanya sekedar untuk menyelesaikan tugas-tugas dari guru di rumah. Ini menjadi sumber pendapatan bagi Anda.

3. Jasa pengiriman

Jasa pengiriman barang juga bisa menjadi alternatif pekerjaan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk Anda dan keluarga. Orang khawatir tertular virus corona, sementara mereka ingin melakukan pembelian, dan Anda menawarkan jasa ini, maka terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan antara Anda dengan pelanggan. 

4. Bengkel panggilan

Banyak kendaraan bermotor yang kurang beraktivitas akibat pandemi ini, ini pun bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang permesinan. Anda cukup iklankan diri di Facebook atau jejaring sosial lain bahwa Anda menerima jasa bengkel panggilan di tempat dengan harga terjangkau dan memuaskan. 

5. Tukung cukur rambut panggilan

Peluang ini barangkali yang tidak banyak dipikirkan orang. Ketika orang memilih di rumah, baik karena PSBB ataupun lockdown, rambut pun perlu diservis dengan dipotong. Orang takut tertular virus jika mereka harus datang ke tempat pemotongan rambut atau barber shop ataupun salon. Jika Anda memiliki kemampuan memotong rambut, Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui media yang Anda miliki, dan ini bisa menjadi sumber pendapatan Anda. 

6. Tukang bangunan 

Meskipun banyak proyek bangunan skala besar dihentikan sementara akibat pandemi ini, tetapi kebutuhan akan profesi ini tetap ada. Misalnya jika rumah mengalami kebocoran, atau kerusakan lain yang harus diperbaiki, belum tentu pemilik rumah memiliki keahlian itu. Jika Anda memiliki keahlian di bidang pertukangan, baik tukang listrik, tukang batu, tukang kayu, jasa Anda bisa ditawarkan di sini dan pundi-pundi rupiah pun siap masuk ke kantong Anda,


Bagaimana, masih bingung mencari peluang pendapatan di masa sulit ini? 

Coba pikirkan dan renungkan, barangkali Anda menemukan ide lain selain ide-ide di atas. 

  

0 Response to "Kena PHK Akibat Pandemi Virus Corona? Berikut Beberapa Aktivitas yang Bisa Menghasilkan Uang "