5 Pekerjaan Terbaik yang Dapat Dikerjakan dari Rumah

Semenjak pandemi virus corona menyebar ke seluruh dunia, hampir semua negara menyerukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah ini bisa dilakukan untuk karyawan atau staf yang bersifat administratif, tetapi yang produksi hampir dipastikan tidak bisa bekerja dari rumah. Sehingga salah satu cara pengusaha mengurangi beban keuangan untuk membayar karyawan adalah dengan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK. 




Lantas ketika mengalami PHK, apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang? Ada banyak cara pekerjaan offline, tetapi tidak sedikit juga pekerjaan online yang bisa dikerjakan dari rumah, tanpa terikat ruang dan waktu. 

Berikut beberapa pekerjaan terbaik yang dapat dikerjakan dari rumah sebagai online freelancer. 


1. Afiliasi atau Affiliate Marketer 

Untuk Anda yang belum familiar dengan istilah affiliate marketing atau afiliasi, ini adlaah pemasaran referensi di mana Anda bisa menghasilkan komisi dengan mereferensikan calon pelanggan atau nasabah ke suatu produk yang dijual secara online. Misalnya Anda memiliki website dan mereferensikan pemesanan produk ke Amazon. Ketika pengunjung website Anda mengklik link afiliasi Anda dan membeli produk yang Anda referensikan, Amazon akan membayarkan sekian persen dari penjualan kepada Anda. Anda bisa memulai afiliasi ini untuk menghasilkan uang secara pasif bahkan dengan biaya awal yang kecil sekalipun. 

Untuk mencari program afiliasi, Anda cukup ketikkan di pencarian misalnya "Affiliate marketing program". Setelah Anda menemukan, cukup mendaftar dan ikuti langkah demi langkah dari pemilik program. Anda sudah siap menghasilkan uang dari affiliasi. 

2. Data Entry

Data entry adalah salah satu pekerjaan online yang nyaris tidak memerlukan keahlian sama sekali. Yang Anda butuhkan hanyalah laptop/PC dan koneksi internet. Anda dapat menghasilkan hingga $10 per jam dari pekerjaan ini. Untuk mendapatkan pekerjaan data entry, Anda bisa mencari di platform freelancer seperti upwork.com, freelancer.com, dan masih banyak lagi lainnya. 

3. Transcriber

Ini adalah pekerjaan di mana Anda bertugas untuk mentranskripsikan apa yang Anda dengar dari audio ataupun video ke dalam bentuk tulisan. Dari pekerjaan ini Anda bisa menghasilkan antara $2 - $5 per menit audio. 

4. Penerjemah

Meskipun terjemah mesin sudah mulai bagus, tetapi sampai saat ini terjemahan manusia belum dapat digantikan oleh mesin. Bayaran sebagai penerjemah online antara $0.03 - $0.10, tergantung pengalaman dan nilai tawar Anda saat mendiskusikan rate dengan calon klien Anda. 

5. Virtual tutor

Jika Anda memiliki pengetahuan yang memadai di bidang tertentu, Anda bisa menghasilkan antara $12 hingga $35 per jam dengan mengajari siswa baik melalui telepon, skype maupun media lainnya. 

Bagaimana, Anda tertarik? Selamat mencoba mencari peruntungan di dunia online. 

0 Response to "5 Pekerjaan Terbaik yang Dapat Dikerjakan dari Rumah "