5 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Akun LinkedIn

LinkedIn adalah jejaring sosial khusus para profesional. Apakah Anda sebagai karyawan, pencari kerja, freelancer, atau pemilik bisnis, LinkedIn wajib Anda miliki. 

Berdasarkan pengalaman saya pribadi (penulis), memiliki akun LinkedIn sangat membantu saya sebagai freelancer online untuk mendapatkan pekerjaan bahkan tanpa melamar sekali pun. Klien datang sendiri setelah melihat dan membaca profil LinkedIn saya. 



Hal serupa juga dialami oleh sebagian teman-teman saya yang juga bekerja sebagai freelancer online. Dengan melengkapi profil akunnya, calon klien datang, menawarkan pekerjaan, diskusi tentang rate, dan terjadilah kerja sama atau kontrak, yang bahkan jangka panjang. 

Berikut 5 alasan mengapa Anda harus memiliki akun LinkedIn:

1.  Resume Anda Versi Online

Pada dasarnya, LinkedIn adalah resume atau CV Anda versi online. Dengan LinkedIn, Anda memiliki opsi untuk mengirimkan tautan halaman Linkedin Anda ke calon klien atau orang yang akan mempekerjakan Anda. 

Calon klien atau orang yang akan memperkerjakan Anda cukup membuka link atau tautan akun LinkedIn Anda, membacanya dan menganalisis. Lengkapi selengkap-lengkapnya profil Anda sehingga lebih menarik bagi calon klien. 

2. Melamar Lowongan Kerja

Di LinkedIn banyak lowongan kerja yang bisa Anda cari. Anda bisa mencari dan melamar pekerjaan yang seluruhnya dapat dilakukan di sini. Anda cukup mengklik Apply untuk pekerjaan yang Anda incar, tidak perlu mengirimkan email berisi lamaran kerja Anda. Setelah Anda mengklik "Apply", otomatis informasi akun LinkedIn Anda akan dikirim ke pemberi kerja. Tidak diperlukan dokumen tambahan ataupun mengubah resume Anda. 

3. Pekerjaan Datang Kepada Anda

Seringkali, meskipun Anda tidak melamar pekerjaan, orang yang membutuhkan keahlian Anda akan melihat profil LinkedIn Anda. Calon klien dapat menghububngi Anda di platform ini jika ia menganggap bahwa Anda orang yang tepat untuk lowongan di perusahaannya. 

4. Jejaring di Seluruh Dunia

LinkedIn memasukkan Anda ke dalam peta. Jika profil Anda disetting publik, maka calon atasan Anda atau calon klien Anda bisa melihat informasi Anda di profil. Jika Anda ingin mencari pekerjaan baru atau Anda sebagai freelancer lintas negara, LinkedIn cocok untuk Anda eksplor. 

5. Anda Berpikiran Maju

Memiliki profil LinkedIn menunjukkan bahwa Anda tidak ketinggalan zaman, berpikiran maju, dan up to date dengan teknologi terkini, serta eerbuka dengan peluang-peluang baru. Anda berarti tampil beda dari kandidat lain yang tidak memiliki akun LinkedIn. 

Bagaimana, Anda mau mencobanya? Dan lihat hasilnya!

1 Response to "5 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Akun LinkedIn"

  1. Our network is made up of people we like and trust or people we know something about. If there is already a great Dentist inside our Network then that's where we go! Or even, then we ask someone inside our network for a referral. We get it done everyday! We require a great restaurant to take our spouse for a special anniversary dinner, we require hotel recommendations, we ask when buying new staff member for the business. And what goes on once we ask? We tend to follow along with the advice! Kennected Reviews

    ReplyDelete