Karir dan Pekerjaan: Apa Perbedaannya?

Di masyarakat umum istilah karir dan pekerjaan seringkali bisa digunakan secara bergantian, padahal baik karir maupun pekerjaan memiliki konsep yang jelas-jelas berbeda. Orang yang memiliki satu karir bisa jadi memiliki lebih dari satu pekejaan, tetapi orang yang memiliki pekerjaan belum tentu memiliki karir.

Lantas, apa perbedaan antara pekerjaan dan karir?

Credit: www.daysoftheyear.com

Definisi Karir dan Pekerjaan 


Karir didefinisikan sebagai sebuah pekerjaan atau profesi, khususnya pekerjaan atau profesi yang mensyaratkan pelatihan khusus, yang diikuti oleh pekerjaan jangka panjang seseorang. Karir juga didefinisikan sebagai kemajuan atau cara umum seseorang untuk bertindak melalui kehidupan atau melalui fase kehidupan, dalam profesi.

Sementara pekerjaan didefinisikan sebagai satu jenis pekerjaan, khususnya tugas khusus yang dikerjakan sebagai bagian dari rutinitas pekerjaan seseorang atau tugas yang dihargai dengan harga yang telah disepakati. Pekerjaan juga diartikan sebagai apa pun yang diharapkan atau diwajibkan kepada seseorang untuk dikerjakan; yaitu tanggung jawab. Biasanya yang diasumsikan berkaitan dengan pekerjaan yang mendatangkan upah (dan kadang juga berkaitan dengan pendidikan formal).


Perbedaan antara Karir dan Pekerjaan 


Cara Mengubah Pekerjaan Menjadi Karir


Apa pun pekerjaan Anda, Anda dapat mengubahnya menjadi karir. Namun, tentu saja memerlukan upaya lebih dari sekedar menyelesaikan tanggung jawab atau tugas. Berikut tips mengubah pekerjaan menjadi karir. 

1. Tentukan masa depan Anda

Di mana passion Anda? Anda ingin menjadi apa? Di mana Anda bisa memvisikan diri Anda, bahagia, di awal atau di penghujung hari? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini dan renungkan. 

Karir Anda bisa dipilih hanya setelah Anda menentukan ingin jadi apakah Anda di ujung perjalanan Anda. Anda harus menggambarkan dengan jelas di mana Anda bisa melihat diri Anda sebagai orang yang paling sukses dan menciptakan dampak terbesar dalam hidup. Dari sana, Anda bisa menulis tujuan jangka panjang Anda: Siapakah Anda nanti. 

2. Tetapkan langkah Anda

Bagaimana cara Anda mencapainya? Seberapa sukses orang yang berhasil melakukan sebelum Anda? Apakah Anda mengerti kerja keras, waktu, dan dedikasi yang diperlukan untuk mencapainya?

Anda harus mengerti semua yang terjadi untuk mencapai tujuan karir tertentu untuk diri Anda sendiri sebelum Anda menetapkan langkah mencapainya. Jika Anda tidak mau mencurahkan upaya Anda 150% lebih besar dari tujuan hidup Anda, lalu akan berakhir di mana?

Semua orang berusaha melakukan apa yang mereka sukai di dunia ini. Aktifkan itu untuk diri Anda sendiri.

3. Berusaha mencapai sesuatu yang nampaknya sangat sulit untuk dicapai.

Kejarlah! Jangan menyerah. Anda bisa mencapai apa pun yang Anda setel di benar Anda - yang diperlukan adalah ketetapan dan kepercayaan diri pada kemampuan Anda. Tumbuhkan pengetahuan Anda, bangun pengalaman Anda, dan letakkan pondasi yang kuat untuk masa depan yang Anda impikan. 


0 Response to "Karir dan Pekerjaan: Apa Perbedaannya?"