Ingin Mendapatkan Promosi Tanpa Anda Minta? Ini Tips-nya!

Memiliki pekerjaan bagus, gaji bagus, dan peluang promosi yang bagus adalah impian setiap karyawan. Namun, tidak semua orang berkesempatan untuk mendapatkan promosi atau kenaikan posisi. Ini disebabkan banyak faktor, di antaranya adalah kurang produktif. 

Namun, promosi akan datang kepada Anda tanpa Anda minta jika Anda menjadi karyawan yang menonojol dan selalu berprestasi.

Credit: www.verticalresponse.com

Berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan promosi tanpa Anda minta.

1. Secara Konsisten Melakukan Pekerjaan "Melampuai Harapan dan Deskripsi Pekerjaan"

Bekerja melampaui harapan hanyalah awal. Anda juga harus mencari cara untuk menambahkan nilai melalui proyek-proyek dan tugas-tugas yang melebihi jabatan Anda. Temukan hal-hal yang harus dikerjakan tetapi tidak ada orang yang bisa atau tidak ada waktu untuk melakukannya.  

2. Haus Akan Pertumbuhan, Bukan Status

Atasan Anda akan jauh lebih terkesan dengan kemampuan dan keinginan Anda untuk belajar dibandingkan dengan ego dan ambisi untuk meningkatkan peringkat atau status Anda. Dahaga Anda itu sebaiknya diarahkan untuk mendapatkan skill dan pengetahuan baru, bukan kantor atau posisi baru yang lebih baik. Ini bukan berarti bahwa Anda tidak menikmati fasitas dan kenaikan jabatan, tetapi hal itu tidak seharusnya menjadi motivasi utama Anda dalam bekerja. 

Tahan keinginan Anda untuk berbicara tentang apa yang Anda ketahui atau membanggakan tentang betapa mudah segalanya bagi Anda. Sebagai gantinya, bagikan apa yang sedang Anda pelajari, dan jujurlah tentang hal itu. Jika Anda tiba-tiba menemukan cara baru untuk melakukan tugas atau pekerjaan dengan lebih baik, jangan katakan "Gampang kalau urusan seperti ini", tetapi katakan, "Saya menemukan cara yang rasanya lebih mudah untuk melakukan pekerjaan, saya sudah mencobanya dan lebih mudah menyelesaikan dengan lebih cepat."

3. Terus Menerus Mengupayakan Peningkatan Diri

Ketika Anda mencapai level penguasaan baru, luangkan waktu untuk menepuk punggung Anda sendiri. Lalu, gulung lengan Anda dan tantang diri Anda sendiri untuk melakukan apa yang baru saja Anda lakukan, bahkan dengan lebih baik.

Inilah hal-hal terkait peningkatan diri terus menerus: Sebagian besar orang cenderung untuk melanjutkan apa yang mereka yakin bisa mereka kerjakan, bukan yang membutuhkan improvisasi. Cobalah dorong diri Anda sendiri secara obyektif dan kerjakan hal-hal yang paling menghambat kesuksesan Anda. 

Tidak tahu dari mana memulainya? Tanyakan pada atasan Anda apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa bekerja dengan lebih baik, kemudian bekerjalah secara konsisten untuk menciptakan improvisasi itu. Itu akan membantu mengatasi kelemahan Anda yang bisa menjadi penghambat promosi kenaikan jabatan Anda. 

4. Mencari Proyek Jangka Panjang

Tugas yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan umumnya lebih kompleks. Semakin naik hirarki Anda, semakin banyak intrik pada pekerjaan Anda. 

Mengelola kompleksitas itu berbeda jika dibandingkan dengan hanya sekedar cerdas, Anda harus lebih melihat multi pekerjaan dengan tujuan variabel dan strategi eksekusi. Belajar menangani proyek multi layer dengan mengambil tugas-tugas yang lebih kompleks. 

Ingat, Anda ingin berkembang, bukan? Jika Anda terbiasa mengelola pekerjaan yang biasanya dapat diselesaikan dalam satu atau dua bulan, jangan mendaftar pekerjaan yang akan membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikannya. Carilah pekerjaan yang butuh waktu 6 bulan untuk selesai terlebih dahulu. 

Jika Anda bisa menyesuaikan diri untuk menangani proyek yang lebih kompleks, berarti Anda siap untuk melakukan pekerjaan level berikutnya. 

5. Bekerja dengan Skill Kolaborasi 

Pekerjaan kelas menengah dan atas biasanya berarti bekerja dalam lingkungan kelompok yang sedikit bergantung pada pemberitahuan apa yang harus dilakukan, dan lebih pada memungkinkan untuk menghasilkan sesuatu tanpa menggunakan peringkat Anda untuk mencapai hasil. Di setiap tim hebat, paling tidak ada satu orang yang membuat segala sesuatunya nyambung karena dia memiliki kekuatan super kolaborasi untuk mendengarkan, mengkompromikan, dan memediasi. Jadilah orang itu. 

Jadi, praktikkan skill kerja tim Anda kapan pun jika memungkinkan. Berbeda dengan kepercayaan umum, memimpin setiap upaya kelompok tidak akan menunjukkan atasan Anda bahwa Andalah orang yang tepat untuk dipromosikan. Untuk benar-benar membuat atasan Anda terkesan, tunjukkan bahwa Andalah pemain tim sesungguhnya - orang yang bisa menambahkan nilai dengan mendukung rekan-rekan Anda. 

Jika kelima strategi di atas Anda lakukan, Anda tidak perlu meminta kenaikan pangkat, jabatan, atau posisi. Anda akan mendapatkan promosi tanpa Anda meminta.

0 Response to "Ingin Mendapatkan Promosi Tanpa Anda Minta? Ini Tips-nya!"