Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Tempat Kerja

Pernah mengalami rasa kantuk tak tertahankan di saat jam kerja? Atau bahkan Anda hampir selalu merasa mengantuk ketika Anda bekerja?

Rasa mengantuk itu anugerah Tuhan, namun jika justru akan jadi bumerang jika Anda selalu mengantuk di tempat kerja. Sehingga, jika Anda mengalaminya, identifikasi apa saja penyebabnya. Jika Anda menemukan penyebabnya, maka akan mudah bagi Anda untuk mengatasinya. 

Credit: www.thebrunettediaries.com


Beberapa penyebab rasa kantuk di tempat kerja:

1. Kurang tidur


Kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama alami Anda merasa mengantuk saat bekerja. Jika penyebabnya adalah karena kurang tidur, maka cara mengatasinya adalah dengan mengatur waktu tidur. Disiplinlah terhadap diri Anda sendiri. Misalnya, jika ada kerjaan yang harus dilembur, tentukan waktu jam 11 malam maksimal Anda harus sudah tidur. 

Pekerjaan tidak akan pernah selesai jika Anda menuruti, tetapi Anda juga harus mempersiapkan fisik Anda esok harinya agar siap dan bugar ketika jam kerja. Fisik Anda butuh istirahat. Anda bukan mesin. Mesin saja membutuhkan istrihat. 


2. Tidak menyukai pekerjaan Anda

Ini masalah serius. Jika Anda tidak menyukai pekerjaan, sudah barang tentu ini menjadikan Anda tidak bergairah untuk melakukan pekerjaan. Otak akan merespon untuk bersantai dan rileks sehingga rasa kantuk pun datang. 

Solusi: cari poin-poin paling menarik perhatian Anda dari pekerjaan Anda sehari-hari. Jika sudah ketemu fokuslah pada yang Anda sukai itu. Namun, jika tidak menemukan sesuatu yang menarik, maka tanyakan pada diri Anda sendiri: untuk apa Anda bekerja, mengapa Anda memilih pekerjaan itu. Jika dari pertanyaan itu menemukan tanggung jawab dan tuntutan, fokuslah pada tanggung jawab dan tuntutan, sehingga itu akan meminimalisir rasa kantuk. 

3. Terlalu banyak duduk 

Terlalu banyak duduk dan kurang bergerak juga menjadi penyebab mengapa Anda mengantuk. 

Solusi: luangkan waktu sebentar untuk berdiri, berjalan sebentar, dan stretching badan. Itu akan menggerakan syaraf-syarat otot Anda. Ketika otot Anda sudah lemas, rasa kantuk pun akan berkuran, dan Anda pun siap melanjutkan pekerjaan. 

4. Pengaruh makan yang Anda makan

Rasa kantuk juga bisa timbul akibat makanan yang Anda makan. Ada beberapa jenis makanan yang cenderung membuat Anda lebih mengantuk dibandingkan jenis makanan lain. 

Solusinya adalah hindari, khususnya jika Anda makan setelah jam siang, karena ini bisa membantu Anda untuk mencegah kantuk. Makanan dan minuman yang harus dihindari:

- Minuman berakohol
- Kue-kue berat
- Kentang
- Nasi putih
- Pasta
- Daging asap
- Sereal yang mengandung sirup jagung dengan fruktosa tinggi
- Minum kopi setelah dua kelas kopi pagi Anda

Apa penyebab rasa kantuk Anda timbul di jam kerja?


2 Responses to "Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Tempat Kerja"

  1. Dulu Saya bekerja di kuala lumpur. tapi saya sudah menyerah tinggal disana. Waktu itu mau pulang ke indo tapi gak dikasih gaji dari bos. sempat saya putus asa. Dan ada temen saya kenal mbah Suro. sy dikasih nomer nya +6282354640471 katanya sering menolong orang melalui dana hibah nya. Alhamdulillah bener-bener terbukti sama sy sekarang. Biarlah orang pada bilang itu musrik tidak halal tapi hanya tuhan yg tau. Yang penting niat hati saya sekarang sudah bertaubat sm yang kuasa. Mungkin itu salah satu jalan rejeki sy. Beliau Bisa jg membantu melalui pemasangan nomer togel. semoga sahabat di perantauan sana sukses bisa balik ke kampung nya. Amin

    ReplyDelete
  2. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu..
    Izinkan saya berbagi cerita disini siapa tahu bisa bermanfaat. Perkenalkan nama saya fajar fauzan dari surabaya saya hadir disini semata-mata hanya ingin berbagi cerita sukses saya melalui adanya uang gaib/bank gaib karena sekarang sudah banyak penipuan yang mengaku bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal tapi hasilnya nol. Saya sangat berterima kasih banyak kepada bpk H. Abdul cahyono yang sudah membantu saya melalui bantuan uang gaib sehingga hidup saya sangat jauh lebih baik dari sebelumnya, padahal awalnya saya cuma buka internet mencari lowongan kerja keluar negri kok ketemu situs beliau, saya baca semua isi situs tersebut dan saya langsung telepon beliau akhirnya saya bergabung, singkat cerita selama 3 hari saya menunggu saya dapat telepon dari beliau untuk cek dananya saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebanyak 3 milyar lebih dan alhamdulillah sekarang saya sudah buka usaha di kampung, udah gak ada niat mau kerja ke luar negri.. Saya informasikan kpd anda yang ingin seperti saya butuh bantuan bpk H. Abdul cahyono silahkan kunjungi situs beliau di http://uanggaibasliinstan.blogspot.com atau langsung hubungi di nomer +6285213737273 / whatsapp 085213737273 saya cuma kasih solusi barang kali bisa mengikuti jejak saya. Terima kasih...



    ReplyDelete