Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Tempat Kerja

Pernah mengalami rasa kantuk tak tertahankan di saat jam kerja? Atau bahkan Anda hampir selalu merasa mengantuk ketika Anda bekerja?

Rasa mengantuk itu anugerah Tuhan, namun jika justru akan jadi bumerang jika Anda selalu mengantuk di tempat kerja. Sehingga, jika Anda mengalaminya, identifikasi apa saja penyebabnya. Jika Anda menemukan penyebabnya, maka akan mudah bagi Anda untuk mengatasinya. 

Credit: www.thebrunettediaries.com


Beberapa penyebab rasa kantuk di tempat kerja:

1. Kurang tidur


Kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama alami Anda merasa mengantuk saat bekerja. Jika penyebabnya adalah karena kurang tidur, maka cara mengatasinya adalah dengan mengatur waktu tidur. Disiplinlah terhadap diri Anda sendiri. Misalnya, jika ada kerjaan yang harus dilembur, tentukan waktu jam 11 malam maksimal Anda harus sudah tidur. 

Pekerjaan tidak akan pernah selesai jika Anda menuruti, tetapi Anda juga harus mempersiapkan fisik Anda esok harinya agar siap dan bugar ketika jam kerja. Fisik Anda butuh istirahat. Anda bukan mesin. Mesin saja membutuhkan istrihat. 


2. Tidak menyukai pekerjaan Anda

Ini masalah serius. Jika Anda tidak menyukai pekerjaan, sudah barang tentu ini menjadikan Anda tidak bergairah untuk melakukan pekerjaan. Otak akan merespon untuk bersantai dan rileks sehingga rasa kantuk pun datang. 

Solusi: cari poin-poin paling menarik perhatian Anda dari pekerjaan Anda sehari-hari. Jika sudah ketemu fokuslah pada yang Anda sukai itu. Namun, jika tidak menemukan sesuatu yang menarik, maka tanyakan pada diri Anda sendiri: untuk apa Anda bekerja, mengapa Anda memilih pekerjaan itu. Jika dari pertanyaan itu menemukan tanggung jawab dan tuntutan, fokuslah pada tanggung jawab dan tuntutan, sehingga itu akan meminimalisir rasa kantuk. 

3. Terlalu banyak duduk 

Terlalu banyak duduk dan kurang bergerak juga menjadi penyebab mengapa Anda mengantuk. 

Solusi: luangkan waktu sebentar untuk berdiri, berjalan sebentar, dan stretching badan. Itu akan menggerakan syaraf-syarat otot Anda. Ketika otot Anda sudah lemas, rasa kantuk pun akan berkuran, dan Anda pun siap melanjutkan pekerjaan. 

4. Pengaruh makan yang Anda makan

Rasa kantuk juga bisa timbul akibat makanan yang Anda makan. Ada beberapa jenis makanan yang cenderung membuat Anda lebih mengantuk dibandingkan jenis makanan lain. 

Solusinya adalah hindari, khususnya jika Anda makan setelah jam siang, karena ini bisa membantu Anda untuk mencegah kantuk. Makanan dan minuman yang harus dihindari:

- Minuman berakohol
- Kue-kue berat
- Kentang
- Nasi putih
- Pasta
- Daging asap
- Sereal yang mengandung sirup jagung dengan fruktosa tinggi
- Minum kopi setelah dua kelas kopi pagi Anda

Apa penyebab rasa kantuk Anda timbul di jam kerja?


0 Response to "Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Tempat Kerja"