Kerja Part Time Online 5 Jam Sehari Penghasilan 7,5 juta - 8 Juta Sebulan

Pemuda ini lulusan S1 (sarjana) Teknik Informatika, sebuah bidang ilmu yang bagi banyak orang sesuatu yang menakutkan dan njlimet. Perlu kecerdasan khusus untuk memahami kode-kode dan tetek bengeknya yang hanya dikuasai oleh orang-orang di bidangnya, ataupun orang-orang yang meski otodidak butuh waktu lama untuk menguasai. 

credit: www.businessinsider.com

Lulusan Teknik Informatika pun sebenarnya tidak banyak kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi. Namun ia memilih berkarir sebagai freelancer di perusahaan penyedia jasa Indonesian Content Rater, Appen. 

Berikut bincang-bincang saya dengan yang bersangkutan via online. Atas permintaan narasumber, identitas saya rahasiakan.

Q = Qestion
A = Answer (narasumber)

Q = "Mas X lulusan dari jurusan apa ya? S1 kan?"
A = "Iya, Mas. Teknik Informatika."

Q = "Mengapa Mas X tidak bekerja formal? Bukankah lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan di dunia kerja?"
A = "Sudah pernah coba. Tapi kadang dapat atasan yang subyektif dan suka cari-cari kesalahan, bikin kendor semangat kerja. Belum lagi dapat atasan yang rada temperamental, bikin saya ikutan esmoni juga, Mas  :D. Selain itu, pekerjaan formal terlalu menyita waktu. Saya harus berangkat jam 7 pagi pulang ke rumah menjelang maghrib. Kadang juga merasa kesulitan mengatur waktu untuk beribadah karena aktifitas pekerjaan yang terlalu padat."

Q = "Mengapa justru tertarik dunia online?"
A = "Ada tiga alasan penting mengapa saya memilih part time secara online. Pertama, bekerja dari rumah, lebih nyaman tentunya :); kedua. waktu bekerja yang fleksibel, lebih banyak waktu untuk keluarga/ibadah/hobby lainnya (yang berpotensi menghasilkan juga tentunya); dan ketiga tidak bertemu langsung dengan atasan (cukup via email/chat saja), dan klien luar negeri bekerja jauh lebih profesional."

Q = "Sudah berapa lama terjun di dunia freelance online?"
A = Pertama saya mendapatkan pekerjaan sebagai transcriber untuk project dari Google. Ketika pekerjaan selesai, saya mencoba mencari peluang lain dan menemukan peluang di Appen. Ya, kira-kira sekitar setengah tahun ini saya bekerja full time secara online." 

Q = "Apa bidang pekerjaan yang Mas X kerjakan?"
A = "Ada banyak peluang di luar sana melalui dunia online. Saat ini saya bekerja untuk salah satu project di Appen. Tugas saya adalah mengklasifikasikan query/keyword pencarian yang dilakukan user FB di FB SearchBox ke dalam label-label yang sudah ditentukan menurut guidelines."
Q = "Berapa jam sehari dan berapa hari seminggu?"
A = "Sehari 4-6 jam, dan seminggu maksimal 30 jam, terserah mau kerja hari apa saja yang penting tercapai minimal target 20jam/minggu. Misalnya mau kerja 5 jam/hari, berarti kerja 6 hari seminggu (cukup 30 jam). Hari kerja terserah saja dan dalam sehari tidak harus ngegas langsung 5 jam, boleh dicicil yang penting cukup 4-6 jam/hari. Dalam sehari minimal harus dapat 4 jam."

Q = "Bayaran per jam berapa?"
A = "Bayaran/rate per jam $5 saja. Cukup ngenes untuk rater Indonesia, Mas. Rater-rater Appen di EU/US bisa kisaran $9-$13 /jam  :3. Pembayaran melalui Payoneer. Dari Payoneer bisa ditarik ke rekening bank lokal kita." 

Q = "Ada syarat khusus untuk bisa bekerja seperti Mas X?"
A = "Tentu ada syarat-syarat untuk bekerja di Appen dan sejenisnya, tetapi syarat terpenting adalah kemauan yang kuat. Justru menurut saya syarat bekerja formal memiliki syarat yang lebih ketat dan tingkat persaingan yang lebih tinggi, tingkat setres yang lebih tinggi, dan kompensasi yang tidak sepadan dengan tanggung jawab." 

Q = "Ada saran untuk teman-teman yang ingin mengikuti jejak Mas X?"
A = "Saran khusus tidak ada. Jika teman-teman ingin bekerja part time seperti saya, jangan menyerah, terus berusaha mencari. Tidak menemukan rezeki di sini, ada peluang rezeki lain yang menanti. Dunia online, kerja part time secara online sangat luas." 

Dari obrolan singkat itu, asumsi si narasumber, saya tulis X, bekerja 20 jam per minggu, dengan bayaran $5 per jam, berarti seminggu mendapatkan $5 x 20 = $100, sebulan $400 atau sekitar 5,2 juta rupiah. Itu jika 20 jam seminggu, lalu jika ambil maksimal 30 jam seminggu, berarti seminggu bisa berpenghasilan 30 x $5 = $150, artinya sebulan bisa berpenghasilan $600 atau sekitar 7,5 juta - 8 juta rupiah. 

Angka yang cukup menggiurkan bukan? Cukup bekerja 5 jam sehari, bisa bayaran 7,5 juta - 8 juta rupiah per bulan, tidak perlu pergi ke kantor, dan tidak perlu jauh dari keluarga.

0 Response to "Kerja Part Time Online 5 Jam Sehari Penghasilan 7,5 juta - 8 Juta Sebulan"