Tips Mencari Kerja Partime Untuk Mahasiswa

Pemasukan yang didapatkan per bulan kadang masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, apalagi untuk bersenang-senang atau berkumpul dengan teman. Hal inilah yang paling terjadi pada mahasiswa. Mahasiswa kadang juga perlu uang saku lebih agar dapat sekedar berkumpul bersama teman-teman di cafĂ©, nonton di bioskop, atau ingin membeli sesuatu yang diidamkan. 
Credit: www.lawteched.com

Tetapi jika hanya mengandalkan uang saku pemberian orangtua, pasti uang tersebut tidak akan cukup. Selain itu, bukan keputusan yang baik pula kalau memaksakan kehendak dengan meminta uang saku lebih dari orang tua. Apalagi biaya yang dihabiskan untuk menempuh pendidikan juga tidak sedikit dan mereka juga mencarinya dengan susah payah. Oleh sebab itu, solusi yang paling tepat untuk menjawab persoalan ini adalah dengan mencari kerja partime atau kerja paruh waktu.

Bagi Anda yang selama ini belum pernah sama sekali mencoba kerja partime dan bingung mau melakukan apa. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu untuk memperoleh pekerjaan partime yang dibutuhkan.


Memanfaatkan Koneksi yang Ada

Jika Anda mempunyai koneksi atau jaringan pertemanan yang baik, tentu akan menjadi ide yang bagus bila Anda memanfaatkan jaringan yang dimiliki untuk memperoleh informasi mengenai pekerjaan partime. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh informasi mengenai perusahaan yang tengah membuka lowongan pekerjaan paruh waktu.


Rajin Membuka Situs Khusus Job

Saat ini sudah cukup banyak tersedia situs khusus lowongan kerja yang menyediakan banyak informasi pekerjaan professional untuk full time dan part time. Selain itu ada pula sejumlah situs pekerjaan yang menyediakan informasi lowongan kerja yang dapat dikerjakan dari rumah.


Mengajukan Lamaran Saat Musim Liburan

Beberapa jenis bisnis dan usaha seperti perusahaan marketing, restoran, agensi, dan bisnis kecil umumnya memerlukan pekerja paruh waktu untuk bekerja saat musim liburan dan mengerjakan proyek-proyek lepas. Jika Anda adalah penulis, web designer, desain grafis, atau sejenisnya, ada banyak peluang kerja yang dapat Anda manfaatkan ketika musim liburan. Pada saat melamar posisi untuk mengisi pekerjaan di musim liburan, pastikan Anda tidak lupa untuk mengirim portfolio terbaik dan penghargaan yang pernah diraih. Perusahaan biasanya akan lebih cepat mempekerjakan orang ketika musim liburan. Dengan menunjukkan contoh kerja bersama dengan surat lamaran Anda, maka peluang untuk diterima akan semakin besar.


Fleksibel

Pada saat musim liburan, tidak sedikit perusahaan yang memberlakukaan waktu ekstra demi mencapai target bisnis. Bila Anda memasarkan diri untuk menjadi pekerja yang fleksibel, maka Anda akan meningkatkan peluang untuk diterima sebagai pekerja paruh waktu. Pada saat Anda melamar kerja, sebaiknya Anda juga menjelaskan kepada meraka bahwa Anda dapat bekerja di luar jam – jam kerja pada umumnya misalnya saat akhir pekan atau malam hari. Anda juga sebaiknya menjelaskan bahwa Anda sudah punya pekerjaan full time agar pihak perusahaan partime tidak membebani Anda dengan pekerjaan yang sangat banyak saat nanti mulai bekerja.


Follow Up Lamaran yang Telah Dikirim

Saat Anda mencari kerja partime dan mengirimkan lamaran, sebaiknya Anda juga melakukan follow-up perusahaan dalam rentang waktu 7 – 10 hari setelah lamaran dikirim. Ini akan menunjukkan bahwa Anda benar – benar ingin bekerja di sana dan membuat Anda berbeda dari para pelamar yang lain.

Setelah Anda sukses menggali lebih dalam lagi saat mencari kerja partime, Anda akan menemukan bahwa Anda banyak kesempatan untuk mengembangkan karir. Tetapi Anda juga perlu tetap menjaga agar kerja partime yang diambil tidak mengganggu pekerjaan full time Anda sekarang. Jangan sampai Anda kehilangan pekerjaan tetap hanya karena terlalu asyik kerja partime.

0 Response to "Tips Mencari Kerja Partime Untuk Mahasiswa"