Beberapa Tips Membuat Keputusan Bekerja di Luar Negeri

Perkembangan teknologi dan kemudahan belajar berbagai macam ilmu serta bahasa memberi begitu banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun. Salah satunya adalah peluang untuk bekerja di luar negeri. Ada beberapa hal penting yang wajib dijadikan perhatian ketika seseorang memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Mengetahui apa saja hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan bekerja di luar negeri akan mencegah seseorang mengalami banyak kesulitan ataupun mengalami penyesalan karena meninggalkan tanah air demi karir di negeri orang.

Salah satu pertimbangan yang penting adalah perbedaan bahasa dan budaya. Sebelum memutuskan pindah demi mengejar karir di luar negeri; seseorang sebaiknya telah menguasai bahasa yang digunakan di negara tujuan dan telah mempelajari budaya negeri tersebut. Bahasa menjadi hal yang sangat penting terkait kehidupan sosial yang akan dijalani disana. Terkadang sebuah perusahaan hanya menuntut kemampuan berbahasa Inggris karena bahasa tersebutlah yang digunakan di lingkungan profesional perusahaan; namun kehidupan sehari-hari di mana seseorang harus berinteraksi dengan banyak warga setempat akan membutuhkan kemampuan menggunakan bahasa yang lazim digunakan di negara tersebut.

Menjalani kehidupan di sebuah tempat dengan budaya dan kebiasaan yang sepenuhnya berbeda bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan dan juga menantang. Namun di sisi lain juga bisa menimbulkan masalah atau kesulitan yang serius. Terlebih dahulu mempelajari budaya dan kebiasaan negeri tujuan bisa menghindarkan seseorang dari gegar budaya atau kondisi terkejut karena perbedaan budaya yang dihadapi.

Perhitungan terkait gaji yang didapat dan juga biaya hidup di negeri tujuan harus dilakukan dengan sangat seksama. Terlalu fokus pada besaran gaji yang lebih besar dari kebanyakan gaji pekerjaan yang sama di dalam negeri bisa menjadi masalah serius. Terutama jika ternyata biaya hidup di negara tersebut juga lebih tinggi dari biaya hidup di tanah air. Kebutuhan tempat tinggal, transportasi, adanya asuransi kesehatan yang diberikan oleh perusahaan hingga harga kebutuhan bahan pokok sebaiknya dipelajari dan dipertimbangkan dengan serius sebelum memutuskan bekerja di luar negeri.

Menyadari kebutuhan akan ijin dan visa bekerja di luar negeri menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Lama atau durasi kontrak kerja yang ditawarkan juga sebaiknya dipelajari dan dipertimbangkan dengan serius. Sebagai warga negara asing; seorang pekerja profesional harus memiliki ijin kerja dan visa khusus serta memiliki kewajiban memperpanjang ijin tersebut setiap kali mendekati masa kadaluarsa. Setiap negara mungkin memiliki kebijakan berbeda terkait keberadaan tenaga kerja asing. Mempelajari kebijakan negara tujuan tentang tenaga kerja asing bisa menjadi pertimbangan penting sebelum membuat keputusan menerima pekerjaan di negara tersebut.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan tawaran kerja yang diperoleh bukanlah tawaran pekerjaan fiktif. Berhubungan langsung dengan perusahaan yang menawarkan pekerjaan jauh lebih aman dibandingkan memanfaatkan jasa perekrut tenaga kerja yang kemudian ditempatkan di negara lain.  

Jika tawaran pekerjaan di luar negeri didapat dari perusahaan jasa perekrutan tenaga kerja; ada baiknya mempelajari reputasi dan perijinan dari perusahaan tersebut. Hindari berurusan dengan perusahaan yang bermasalah dan memiliki reputasi buruk. Hal lain yang juga sebaiknya dipelajari adalah informasi perusahaan tempat bekerja setelah dikirim ke luar negeri. Mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Ada baiknya pula mencari tahu mengenai keberadaan agen pemerintah atau kedutaan Indonesia di negara tersebut. Mencari tahu mengenai perusahaan tujuan dengan menghubungi kedutaan negara tujuan juga menjadi pilihan yang sangat dianjurkan.

0 Response to "Beberapa Tips Membuat Keputusan Bekerja di Luar Negeri"