5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Lamaran Pekerjan Anda Dilirik

Lamaran pekerjaan berisi cover letter (surat pengantar lamaran kerja) dan CV yang berisikan biodata dan pengalaman kerja pelamar. Untuk mendapatkan pekerjaan yang kita idam-idamkan tidak cukup hanya dengan skill dan kepintaran yang kita punyai. Proses-proses mulai dari persiapan hingga tahap akhir yakni interview kerja, juga perlu diperhatikan agar Anda berhasil mendapatkan pekerjaan impian. 


Langkah pertama adalah menulis lamaran pekerjaan agar Anda dilirik oleh perekrut pekerjaan yang Anda incar. Berikut 5 hal penting yang perlu Anda perhatikan agar lamaran pekerjaan Anda dilirik.

1. Buat informasi pribadi Anda singkat dan tidak bertele-tele

Lamar pekerjaan Anda berisikan CV, termasuk informasi pribadi Anda. Jangan sertakan informasi detail tentang keluarga Anda, status pernikahan, dan alamat saat ini. Itu hanya akan menguras waktu saat perekrut Anda membacanya. Batasi saja pada nama, alamat tinggal sekarang (opsional), tujuan, dan website Anda.

2. Fokus pada portofolio tentang kecakapan dan kemampuan Anda 

Skill apa yang Anda miliki yang sesuai dengan disyaratkan oleh pekerjaan tersebut? Apa kelebihan Anda? Cobalah untuk memberikan gambaran umum tentang skill dan keterampilan Anda berdasarkan kategori (misalnya bahasa, pemasaran, penjualan, dan sebagainya) serta jangan lupa untuk mensortir daftar kecakapan dan skill Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar itu. 

3. Berikan detail tentang pengalaman profesi yang relevan saja

Dalam lamaran pekerjaan Anda, tuliskan pengalaman profesi yang relevan saja. Kecuali jika Anda hendak melakukan perubahan karir, Anda perlu menemukan nilai untuk pekerjan baru Anda di riwayat pekerjaan Anda. Fokus saja pada apa yang penting untuk pekerjaan yang akan datang. Ini akan memberikan peluang bagi lamaran pekerjaan Anda untuk diperhatikan oleh perekrut.

4. Tunjukkan minat pribadi dan aktivitas yang tidak berkaitan dengan pekerjaan 

Semakin banyak perusahaan yang mempekerjakan orang karena kepribadiannya bukan karena pengalamannya. Gunakan peluang ini untuk mendapatkan tempat di hati pekerut dan beritahu blog Anda dengan tulisan-tulisan yang menakjubkan, pekerjaan komunitas relawan yang Anda kerjakan, dan acara-acara jejaring yang Anda kelola. 

5. Tambahkan kepribadian dan bumbu-bumbunya

CV tidak lagi hitam dan putih dan terbatas pada dua halaman saja. Mainkan desainnya, tambahkan halaman sampul, tunjukkan proyek-proyek dalam gambar dan teks, dan tulis pendahuluan "tentang saya".

Cobalah kelima hal tersebut di atas pada saat menyiapkan lamaran pekerjaan, dan Anda memiliki peluang lebih besar untuk dilirik oleh calon perekrut Anda. 

0 Response to "5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Lamaran Pekerjan Anda Dilirik"