Seberapa Penting Surat Referensi atau Surat Keterangan Kerja?

Surat referensi atau surat keterangan kerja sangat penting bagi pelamar sebuah pekerjaan. Surat referensi memberikan gambaran tentang latar belakang dan kemampuan atau kompetensi pelamar kerja kepada calon atasan. Sebuah surat referensi yang ditulis dengan baik memberikan informasi lebih kepada calon atasan dibandingkan dengan informasi yang diperoleh ketika calon atasan Anda menghubungi departemen sumberdaya manusia di perusahaan Anda bekerja sebelumnya. Kunci untuk mendapatkan surat referensi yang berbobot tentang kinerja Anda sebelumnya adalah dengan meminta penulis surat keterangan kerja itu beberapa bulan sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. 
Sebagai salah satu aset paling penting bagi pencari kerja, sebaiknya kumpulkan surat keterangan pengalaman kerja setiap kali Anda bekerja. Surat keterangan kerja ini biasanya menyertakan nama atasan, email, jabatan, dan nomor telepon. Semua itu sangat diperlukan untuk mengevaluasi calon karyawan yang baik ke posisi puncak pilihan dan menurunkan calon karyawan ke posisi yang tidak dipertimbangkan lagi. Oleh karena itu, kelola surat keterangan kerja atau surat rekomendasi kerja itu dengan cermat untuk meningkatkan posisi tawar Anda.

Surat referensi atau surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya sangat penting. Ia memiliki beberapa fungsi sebagai berikut. 

Endorsement atau Pendukung  

Surat referensi atau surat keterangan kerja yang memukau biasanya bertindak sebagai daya dukung utama bagi calon karyawan. Surat keterangan yang diberikan oleh orang yang secara pribadi bekerja bersama Anda akan memberikan gambaran yang terbaik tentang Anda. Surat referensi tersebut membantu meyakinkan calon atasan Anda bahwa Anda meninggalkan pekerjaan lama dengan baik-baik dan memiliki kontribusi yang penting bagi perusahaan sebelumnya.

Agar surat tersebut lebih meyakinkan, surat referensi biasanya mencakup jabatan dan gambaran sekilas tentang jabatan dan posisi si penulis surat. Informasi tersebut membantu menjelaskan lebih lanjut bahwa pemberi referensi ada dalam posisi yang menentukan seberapa sesuai Anda dalam perusahaan.

Kualifikasi 

Kualifikasi profesi calon karyawan biasanya disebutkan dalam tubuh surat referensi. Bagikan informasi tentang posisi baru yang Anda lamar kepada penulis referensi, sehingga mereka mengetahui sifat dan skill apa yang perlu disebutkan yang berkaitan langsung dengan posisi tersebut.

Surat referensi yang baik juga mencakup jumlah tahun Anda bekerja di perusahaan sebelumnya disertai dengan tugas dan kewajiban serta prestasi Anda. Sebaiknya Anda tawarkan kepada penulis surat keterangan kerja Anda dengan data biografi Anda, riwayat pekerjaan, dan tanggung jawab pekerjaan untuk memudahkan si penulis mengingat detail dan draft surat.

Kualitas Pribadi 

Sebuah surat referensi biasanya menjelaskan kualitas pribadi yang Anda miliki yang membuat Anda calon ideal untuk posisi baru yang Anda lamar. Surat referensi yang kuat harus mencakup poin-poin contoh kemampuan Anda dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

Surat referensi juga menyebutkan intelijensi, fleksibilitas, kemauan untuk menerima tanggung jawab dan bagaimana Anda menunjukkan inisiatif terhadap pekerjaan. Dengan memberikan satu atau dua contoh yang membantu menjelaskan kualitas-kualitas ini membuat surat referensi Anda lebih bermakna.

Persepsi 

Mungkin Anda ingin menggunakan surat referensi atau surat keterangan pengalaman kerja untuk mengetahui bagaimana persepsi terhadap pekerjaan Anda sebelumnya. Jika surat referensinya kurang diharapkan, mungkin Anda tidak ingin menyertakannya dalam surat lamaran Anda karena justru bisa mengurangi peluang Anda untuk mengamankan pekerjaan yang Anda tuju.

Jika surat referensi tersebut lebih dari yang Anda harapkan dan Anda memutuskan untuk menyertakan dalam lamaran, maka surat keterangan itu akan menjadi penghemat waktu sebab calon atasan Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk menghubungi dan mewawancarai orang yang memberikan surat referensi tersebut.

Dari bebarapa alasan dan fungsi surat referensi di atas, Anda sangat memerlukannya manakala Anda ingin mendapatkan pekerjaan baru. Pastikan Anda kumpulkan semua surat keterangan kerja dari setiap pekerjaan yang Anda kerjakan, baik magang maupun full timer, baik offline maupun online.

Good luck!

0 Response to "Seberapa Penting Surat Referensi atau Surat Keterangan Kerja?"