Ingin Bekerja di Google? Ini Syaratnya!

Siapa yang tidak kenal Google, raja mesin pencari paling banyak digunakan pengguna internet di seluruh dunia? Google menawarkan segalanya, termasuk peluang kerja yang sangat menggiurkan. 

Di Googleplex, jika Anda bisa menunjukkan keterampilan dan skill yang menakjubkan dan Anda dipekerjakan di Google, Anda akan menjadi legenda. Ada makan gratis, potong rambut gratis, sepeda gratis, mobil gratis, bahkan banyak lainnya gratis, termasuk anggur dan bir di hari Jumat. Dan hingga saat ini, menurut majalah Fortune, Google masih dianggap sebagai perusahaan terbaik di AS sebagai tempat bekerja. 

Ingin mendapatkan semua itu? Tidak mudah untuk menjadi bagian yang menerima semua imbalan dari Google. Menurut salah satu staf Google, Laszlo Bock, sebelum Anda melamar atau mencoba melamar untuk menjadi staf, bahkan untuk magang saja, silahkan jawab lima pertanyaan berikut ini. 

Apakah Anda memiliki IQ di atas 130?


Jika IQ Anda kurang dari 130, rasanya tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini.

Google menginginkan "kerendahan hati penuh intelektual". Orang yang sudah pintar dalam hidupnya seringkali melakukan "kesalahan atribusi dasar, yakni: jika sesuatu yang baik terjadi itu karena aku jenius, tetapi jika sesuatu yang buruk terjadi itu karena ketololan seseorang." Mengikuti uji IQ dan mengingat skor sangat jelas menunjukkan kombinasi yang salah antara keserakahan diri dan rasa tidak aman. Itu menurut Bock. 

Kita akan makan apa sore ini?

Jangan pernah katakan, "Tidak masalah," atau "Aku sih gampang saja," atau "Anda ingin apa?" atau ungkapan-ungkapan sampah semacam itu, kata Bock. Jika Anda ingin memecahkan masalah makan malam dan pendapat Anda dibutuhkan, maka bangkitlah dan berikan solusinya. Kepemimpinan spontan seperti inilah yang diinginkan Google: yakni kemauan untuk mengambil peran ketika dibutuhkan, dan tidak mengambil peran ketika tidak dibutuhkan.

Mengapa Anda memilih lima artikel terakhir yang Anda baca?

Apa maksud Anda tidak tahu? Kriteria pertama Google, menurut Bock, adalah jenis kecerdasan yang ia sebut "kemampuan belajar" yang didefinisikan sebagai mampu "memproses dengan cepat... mengumpulkan sedikit informasi yang tercerai berai." Ini bukan pertanda baik untuk "wawancara perilaku terstruktur" dari Google jika Anda memberikan jawaban terpisah-pisah ketika pertanyaan sederhana semacam ini diarahkan kepada Anda.

Apakah Anda tidak kompeten dan malas?

Anda tidak kompeten dan malas? Mantap. Google ingin mempekerjakan orang-orang yang merasa "memiliki" perusahaan tetapi juga cukup "rendah hati" untuk mengerjakan hanya yang bisa mereka kerjakan dan bermanfaat. Jika Anda tidak kompeten, Anda hanya akan merusak apapun yang Anda terlibat di dalamnya. Kecerdasan dan aktif adalah kombinasi keberhasilan lainnya. 

Apakah Anda memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam melakukan sesuatu?


Jika ia, itu merupakan bencana. Ketika dihadapkan pada masalah, Bock menjelaskan bahwa "Orang yang ahli akan maju: Aku sudah pernah melihat masalah seperti ini 100 kali: ini yang perlu kau lakukan." Pemula yang pintar biasanya juga akan memecahkan masalah ini, dan kadang mereka gagal namun ini dikompensasi dengan pelajaran yang sangat berharga ketika mereka menemukan cara baru untuk memecahkannya. Jelasnya, orang biasanya lebih baik dalam banyak hal jika mereka tidak tahu akan apa yang mereka lakukan. 

Sumber: The Guardian


0 Response to "Ingin Bekerja di Google? Ini Syaratnya!"