Cara Mencari Pekerjaan Freelance di Elance

Elance adalah salah satu market place pekerjaan freelance atau disebut juga escrow. Di sini tempat bertemunya antara pemilik pekerjaan (client) dan freelancer (contractor). Apapun keahlian Anda, Anda dapat mencari pekerjaan di sini, mulai dari gratis hingga berbayar. 

Jika Anda belum terdaftar, baik sebagai pemberi pekerjaan ataupun freelancer, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

Klik di sini untuk melakukan pendaftaran.  

Lalu ikuti langkah-langkahnya. 

Setelah Anda terdaftar, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda melakukan penawaran terhadap suatu pekerjaan (proposal).

1. Lengkapi profil Anda, dengan cara mengklik username Anda di pojok kanan atas, lalu pilih profile. Lengkapi.

2. Lengkapi profil dengan cara klik Edit (yang saya tandai kotak merah). Lengkapi sesuai data Anda).


Jangan lupa pula buat portofolio Anda. Portofolio itu sesuai dengan keterampilan atau skill yang Anda miliki. Misalnya jika Anda ahli desain, upload contoh pekerjaan yang pernah Anda lakukan. Dalam contoh ini, saya sebagai penterjemah, maka saya mengupload contoh penterjemahan yang pernah saya lakukan. 


3. Tidak kalah penting juga pastikan Anda isikan skill yang Anda hendak jual. Jika Anda sebagai free member, Anda berhak atas maksimal 10 skill.
























5. Setelah lengkap data-data, dan jika perlu lakukan test juga, langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan.

Sebagai contoh, saya sebagai penterjemah dari bahasa Inggris ke Indonesia, maka saya akan melakukan pencarian dengan kata kunci "Indonesian" di menu pencarian. 




















Di kolom pencarian, saya tuliskan Indonesian karena saya mencari pekerjaan terjemahan. Jika Anda sebagai ahli web design misalnya, ketikkan web design atau kata kunci yang sesuai dengan skill Anda. 

6. Setelah klik GO, maka Anda akan melihat hasil pencarian. Contoh di screenshot di atas, Freelance Translator dari hasil pencarian Indonesian, ada tanda bendera merah, berarti saya sudah pernah mengajuk proposal. Pilih pekerjaan yang Anda inginkan. Lalu klik pekerjaan tersebut.





















Jika Anda baru pertama hendak melakukan bidding (mengajukan proposal, maka akan terlihat seperti di screenshot. Klik keterangan yang saya kasih kotak merah. 

7. Pilih kategori dari screenshot nomor 6 di atas, lalu Anda akan dibawa ke halaman seperti terlihat dalam screenshot di bawah ini. 

























Pilih Individual saja, artinya sebagai member basic. Perbedaan basic dengan yang lain hanya pada jumlah Connect (semacam poin untuk bidding) di mana kalau basic dibatasi 40 Connect per bulan. Satu project biasanya mensyaratkan antara 1-2 Connect untuk bidding. Di sisi lain, bedanya, bahwa member berbayar nanti bisa melihat nilai bidding freelancer yang lain. 

8. Selanjutnya turun ke bawah. Pilih kategorinya. Dan Klik Continue.

9. Setelah selesai, Anda siap mengajukan proposal. Sebagai contoh, pekerjaan saya sebagai penterjemah. 































lanjutan screenshot di atas:
























Jika diperlukan atau diharuskan, isi poin 1-4 di screenshot. 

1) Harapan Anda total dari pekerjaan yang Anda lamar itu. Lihat dari hourly rate, misalnya di sana client hourly rate $15-20, maka isikan kisaran itu. 
2. Billed to client, setelah ditambah Elance Fee, maka beban yang harus dibayar oleh klien per jamnya.
3. Isikan berapa jam seminggu Anda siap bekerja. 
4. Estimasi pekerjaan Anda selesai dalam waktu berapa lama. 

Jika sudah selesai, klik Preview. Dan jika sudah selesai, kli Submit Proposal. 

Selesai. Anda tinggal menunggu respon dari klien. 

Untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang sudah lamar, klik My Elance.

Selamat berjuang!

0 Response to "Cara Mencari Pekerjaan Freelance di Elance"