Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Pekerjaan yang Paling Berpotensi di Tahun 2015 dan 2016

Pekerjaan apa saja yang akan menjadi trend di tahun 2015 dan 2016? Kira-kira pekerjaan apa yang layak dimasuki untuk investasi masa depan?

Lifehack.org telah melakukan riset tentang 10 pekerjaan yang paling potensial untuk tahun 2015 dan 2016. Riset ini dilakukan untuk membatu para lulususan baru dan yang hendak lulus kira-kira ke mana mereka sebaiknya menyiapkan karir pekerjaannya.

Berikut kesepuluh pekerjaan yang paling potensial di tahun 2015 dan 2016.

1. Pengembang Aplikasi Piranti Lunak 

Pendidikan yang dibutuhkan: sarjana, pengalaman praktek untuk entry level.

Pekerjaan ini adalah satu pekerjaan yang tak dipersengketakan lagi untuk masa yang akan datang. Piranti lunak setiap menit hadir dalam kehidupan kita, dan oang yang menciptakannya tak akan pernah keluar dari pekerjaan itu dan akan selalu mendapatkan gaji tinggi. Revolusi yang sedang berlangsung dalam industri piranti mobile menjamin pertumbuhan yang stabil, dan sebagian ahli sepakat bahwa pekerjaan ini akan bertumbuh 23% dalam waktu 10 tahun yang akan datang.

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: US$90,000 atau sekitar Rp. 1,17 milyar per tahun.

2. Psikolog Organisasi 

Pendidikan yang disyaratkan: S2 Psikologi

Semakin banyak perusahaan yang mulai memahami pentingnya kesejahteraan psikologis dari para karyawannya untuk menciptakan usaha yang kompetitif. Psikolog organisasi menguji dan memilih karyawan, merumuskan pendorong kognitif yang akan meningkatkan kinerja karyawan, dan menerapkan prinsip-prinsip psikologis ke dalam bisnis. Permintaan akan spesialis di bidang ini diperkirakan meningkat 26% dalam kurun waktu 10 tahun yang akan datang, dan sangat mungkin tidak akan terbatas.

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $80,330 atau sekitar Rp. 1,044 milyar per tahun.

3. Penasihat Keuangan Pribadi 

Pendidikan yang disyaratkan: Sarjana

Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang paling berkembang pesat saat ini. Diprediksi peluang pekerjaan ini akan bertumbuh sekitar 30% dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Dalam prakteknya, sebagian besar orang tidak sangat ingin mengetahui secara rinci bagaimana uang bekerja dan ke mana seharusnya uang diinvestasikan, yang berarti bahwa para ahli di bidang ini dapat meringankan beban ini.

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $67,520 atau setara Rp. 827 juta per tahun.

4. Peneliti Survey 

Pendidikan yang disyarakatkan: S2

Bisnis semakin ilmiah dalam pendekatannya untuk membentuk strategi, dan sangat bergantung pada data yang diperoleh melaui survei dan riset. Oleh karena itu, permintaan akan orang-orang yang bekerja di bidang ini juga semakin meningkat, begitu juga dengan gajinya. Pekerjaan ini diprediksi akan naik sebesar 18% pada tahun 2022, yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata. Jika statistika, sosiologi, dan penelitian bisnis menarik hati Anda, maka sekaranglah saatnya bagi Anda untuk mencoba peruntungan Anda di dunia ini.

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $45,050 atau sekitar Rp. 586 juta per tahun

5. Designer Website

Pendidikan yang disyarakatn: Sarjana (S1); pengalaman praktek cukup untuk masuk ke dunia ini.

Menurut Magicdust, sebuah perusahaan pemasaran internet, pekerjaan di bidang ini akan tumbuh lebih dari 20% dalam 10 tahun yang akan datang, dan perancang web (web designer), khususnya yang sangat profesional, akan menikmati tingginya permintaan atas jasa dan gaji mereka. Selain itu, web design hari ini jauh lebih banyak dibandingkan 10 tahun yang lalu. 

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $62,500 atau setara 812,5 juta per tahun. 

6. Insinyur Linkungan 

Pendidikan yang disyaratkan: Sarjana

Hari ini, dunia semakin fokus pada masalah-masalah lingkungan. "Hijaukan" ini dan "hijaukan" adalah tipuan yang ada di mana-mana, namun tipuan ini sangat tidak mungkin untuk jauh dari yang umumnya. Ini berarti bahwa mencari slusi di bidang ini menjadi bidang yang terus berkemmbang seiring waktu. Kini, pekerjaan ini diharapkan tumbuh 15 persen selama satu dekade mendatang, tetapi perhatian pada teknologi yang berorientasi pada lingkungan berarti bahwa angka ini sangat mungkin untuk tumbuh lebih tinggi dibandingkan perkiraan. 

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $80,890 atau setara Rp. 1,051 milyar per tahun. 

7. Asisten Medis

Pendidikan yang disyaratkan: Diploma

Semua profesi yang berkaitan dengan obat-obatan tumbuh dengan sangat pesat hari ini, selain itu, asisten medis masih kekurangan tenaga sesuai aturan yang aada. Mungkin memang Anda akan kekurangan hari libur tetapi Anda akan memiliki pekerjaan untuk jangka panjang. Pekerjaan ini diprediksi akan bertumbuh 29% hingga tahun 2020 dan bahkan lebih tinggi dari itu.

Prediski gaji rata-rata tahun 2015-2016: $29,370 atau setara dengan Rp. 382 juta per tahun.  

8. Pelatih Atlit

Pendidikan yang disyaratkan: Sarjana 

Dengan pensiunnya baby boomers (mereka yang lahir sebelum tahun 1965) menjadi aktor utama pertumbuhan bidang ini, juga semakin tingginya kesadaran masyarakat secara umum. Pekerjaan ini diprediski akan tumbuh sekitar 30 persen dalam 5 tahun yang akan datang. Dengan demikian, pekerjaan ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

Prediski gaji rata-rata tahun  2015-2016: $42,690 atau Rp. 554,9 juta per tahun. 

9. Pembantu Rumah Tangga

Pendidikan yang disyaratkan: standar sertifikasi beragam dari negara satu dengan negara lainnya. 

Penduduk dunia usia tua, khususnya Amerika Serikat semakin bertambah, yang berarti bahwa kebutuhan akan profesional untuk merawat mereka juga semakin bertambah. Oleh karena itu, Biro Statistik Tenaga Kerja memprediksi kebutuhan akan tenaga kerja di sektor ini bertumbuh 48 persen tahun 2022.

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $20,820 atau sekitar Rp. 270,6 juta per tahun.

10. Insinyur Biomedis

Pendidikan yang disyaratkan: Sarjana (S1)

Insinyur biomedis adalah elit penelitian dari profesi medis. Mereka mengembangkan solusi-solusi baru dalam layanan medis, menikmati kaitannya dengan gaji tinggi. Hari ini manusia lebih fokus pada mempertahankan dan meningkatkan kesehatan masyarakat dibandingkan sebelumnya, dan peningkatan teknologi tinggi dalam bidnag ini mnejadi lebih penting dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kebutuhan akan insinyur biomedis diprediksi meningkat sekitar 27 persen 10 tahun mendatang. 

Prediksi gaji rata-rata tahun 2015-2016: $86,960 atau Rp. 1,13 milyar per tahun.

Sepuluh pekerjaan di atas bisa saja beragam, sebagian lebih prestisius dan sebagian kurang prestisius dibandingkan yang lain. Namun, pekerjaan-pekerjaan itu memiliki kesamaan, yakni permintaan yang tinggi di tahun-tahun yang akan datang.