Mengetahui Ciri-Ciri Tempat Kerja Terbaik?

Bekerja adalah mengaktualisasikan diri. Dengan bekerja, Anda tidak hanya menghasilkan uang, tetapi dapat membangun relasi baru, mendapatkan peluang-peluang baru, serta berkembangnya cakrawala berpikir, yang lebih dari sekedar uang. 

Memilih tempat pekerjaan seringkali Anda lakukan yang Anda yakini Anda akan merasa nyaman dan senang bekerja di dalamnya. Hal itu sangat penting sebab berapa pun besar gaji yang akan Anda terima di tempat kerja Anda, tidak akan menjadi hal yang menyenangkan jika Anda tidak mendapatkan kenyamanan dalam bekerja. 


Berkaitan dengan itu, apa yang dimaksud dengan tempat kerja terbaik? Apakah gaji yang besar? Tempat  yang prestius? Atau hal lain?

Paling tidak ada dua sudut pandang tentang ciri-ciri tempat bekerja yang baik. 

1. Sudut pandang karyawan

Faktor utama yang dimiliki oleh hampir semua orang dalam hubungan ada KEPERCAYAAN atau TRUST. Dari sudut pandang karyaan, tempat kerja yang terbaik adalah sebagai berikut:
  • Kepercayaan pada orang yang menjadi pemilik tempat kerja.
  • Memiliki Kebanggaan atas apa yang mereka kerjakan
  • Menikmati hubungan dengan teman-teman kerja.
Kepercayaan atau Trust adalah prinsip yang paling penting dari tempat kerja terbaik, yang tercipta melalui kredibilitas manajemen, rasa dihargai dengan perlakuan yang mereka terima, hingga harapan karyaan untuk diperlakukan dengan adil. Tingkat kebanggan dan tingkat hubungan dan persabahatan yang tulus yagn dirasakan oleh karyaan adalah komponen-komponen penting. 

2. Sudut Pandang Manajer 

Dari sudut pandang manajer, tempat kerja terbaik adalah tempat kerja di mana mereka:
  • Dapat mencapai tujuan-tujuan organisasi/perusahaan
  • Dengan karyawan mereka dapat memberikan hubungan personal terbaiknya. 
  • Dapat bekerjasama sebagai sebuah tim atau keluarga dalam lingkungan yang penuh dengan kepercayaan (trust)
Tempat kerja terbaik mencapai tujuan organisasi dengan menginspirasi, berbicara, dan mendengarkan. Mereka memiliki karyawan yang memberikan apa yang mereka miliki dengan berterima kasih, mengembangkan diri, dan peduli. Dan mereka bekerja sama sebagai sebuah tim/keluarga dengan mempekerjakan, merayakan, dan beragi.

Anda sebagai karyawan ataupun sebagai manajer, mendapatkan tempat kerja yang terbaik tentu adalah impian. Lalu bagaimana jika saat ini Anda belum mendapatkan tempat kerja terbaik?

Lakukan terbaik yang bisa Anda lakukan. Yakinlah bahwa ketika Anda melakukan yang terbaik, memberikan yang terbaik dan lebih dari yang sekedar Anda terima, ada di luar sana yang menanti Anda untuk kemampuan terbaik Anda. 

0 Response to "Mengetahui Ciri-Ciri Tempat Kerja Terbaik?"