10 Pekerjaan dengan Bayaran Tertinggi di Indonesia 2015

Ketika masih anak-anak, kita sering ditanya ingin menjadi apa jika sudah besar. Sebagian dari kita menjawab ingin menjadi pilot, dokter, tentara, insinyur, dan sebagainya. Namun, apakah karena pekerjaan itu menjanjikan sehingga anak kecil pun sudah berpikir profesi yang mereka inginkan ketika sudah besar? 

Menjanjikan ataupun tidak tergantung sudut pandang setiap individu. Ada yang melihat suatu pekerjaan menjanjikan dilihat dari bayaran yang diterima, ada yang melihat suatu pekerjaan menjanjikan karena adanya dana pensiun, ada pula yang melihatnya sebagai kenyamanan semata. 

Akan tetapi, kali ini akan dibahas 10 pekerjaan yang oleh sebagian besar orang dianggap menjanjikan, yakni 10 pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia. 


Menurut Global Indonesia Voices, ada 10 pekerjaan yang dengan bayaran tertinggi.

1. Perbankan 

Dengan banyaknya bank lokal maupun internasional di Indonesia, tersedia banyak lowongan pekerjaan di pasar ini, yang menawarkan peluang karir dan gaji yang begitu besar. Pada tahun 2000, para eksekutif perbankan dianggap sebagai profesional yang mendapatkan bayaran paling tinggi di Indonesia dengan pendapatan tahunan mencapai Rp. 350 juta rupiah. 

2. Teknlogi Informasi (IT)

Pekerjaan yang terkait dengan teknologi informasi adalah pekerjaan dengan bayaran tertinggi kedua di Indonesia dengan pendapatan tahunan mencapai Rp. 300 juta rupiah pada tahun 2000. Di dunia modern di mana orang semakin bergantung dengan teknologi informasi, permintaan tenaga kerja di sektor ini semakin meningkat. Pada tahun 2013, gaji yang diterima oleh mereka yang bekerja di sektor ini berkisara antara Rp. 4 juta sampai Rp. 147 juta per bulan. 

3. Akunting dan Keuangan 

Akunting dan keuangan adalah skill yang sangat banyak dibutuhkan yang dibutuhkan di semua sektor dan industri. Peluang yang besar di perusahaan-perusahaan multinasional seiring dengan kebutuhan para profesional yang kompeten semakin terbuka. Pada tahun 2013, gaji yang diterima di pekerjaan ini berbisar Rp. 181 juta per tahun, itu baru saat mulai bekerja. Sementara kenaikan gaji biasanya antara 10-20% per tahunnya.

4. Pertambangan 

Industri pertambahan memiliki peluang yang cukup besar. Selain itu, tidak banyak orang yang mengejar karir di bidang ini. Kurang memadainya supply and demand tenaga kerja di sektor ini telah mendorong tingginya gaji yang diterima. Gaji yang diterima oleh para profesional di pertambahan berkisar antara Rp. 20 juta - Rp. 80 juta per bulan. 

5. Human Resources (HR)

Human Resources atau bagian personalia menawarkan peluang karir yang cemerlang karena tingginya permintaan. Sebagai contoh, seorang profesional HR bisa bekerja di lebih dari satu perusahaan yang berbeda dan menjadi spesialis rekruter. Direktur Human Resources perusahaan lokal bisa memperoleh gaji hingga Rp. 150 juta rupiah per bulan. 

6. Insinyur 

Dengan banyaknya pekerjaan konstruksi yang dilakukan di negeri ini, proyek-proyek mega konstruksi dan pembangunan yang semakin pesat menjadikan permintaan insinyur meningkat tajam. Ini berdampak pada peningkatan gaji insinyur yang berkisar antara Rp. 4 juta - Rp. 100 juta per bulan tergantung keahlian dan pengalaman.

7. Minyak dan Gas 

Semakin banyak perusahaan minyak dan gas bumi yang beroperasi di Indonesia dan ini membuka peluang pekerjaan bagi banyak orang, namun pasokan tenaga kerja yang sedikit. Ini menyebabkanprofesi di bidang ini mendapatkan bayaran yang cukup tinggi, berkisar antara Rp. 30 juta sampai Rp. 100 juta per bulan. 

8. Sales, Marketing, dan Periklanan 

Hampir semua industri membutuhkan para profesional di bidang penjualan, pemasaran, dan periklanan. Dan peluang gaji dan pendapatan yang didapatkan di profesi ini bisa mencapai Rp. 175 juta rupiah per bulan. 

9. Telekomunikasi 

Telekomunikasi adlaah salah satu industri yang sangat dinamis dengan perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Para profesional yang masuk ke perusahaan telekomunikasi di Indonesia mendapatkan gaji berkisar antara Rp. 10 juta sampai Rp. 70 juta per bulan.

10. Pembelian, Alur Distribusi, dan Logistik 

Bisnis apapun yang berusaha melebarkan sayap dan berhubungan dengan pihak luar membutuhkan para profesional di bidang ini. Gaji yang ditawarkan pun sangat menggiurkan, berkisar antara Rp. 20 juta sampai dengan Rp. 35 juta per bulan.

Dari kesepuluh pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia, ada di mana posisi Anda? Apakah mendapatkan gaji yang sesuai dengan posisi Anda? Jika belum, periksa adakah yang salah dengan pekerjaan Anda sekarang ini.

2 Responses to "10 Pekerjaan dengan Bayaran Tertinggi di Indonesia 2015"

  1. Replies
    1. Seorang ahli dengan skill yang banyak dibutuhkan orang, tetapi sedikit yang menguasai ya gan?

      Delete