Melamar Pekerjaan Online: Ini yang Harus Dipersiapkan!

Ketika zaman semaking canggih, banyak hal dilakukan melalui dunia online, termasuk melamar pekerjaan. Anda akan sering menemukan lowongan pekerjaan baik di koran maupun secara online bertuliskan, "Submit your resume to: xxx@yyy.com". Ini berarti Anda dianjurkan untuk melamar via online. 

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda hendak melamar pekerjaaan secara online. 

"Pelajari apa saja yang bisa Anda pelajari tentang perusahaan yang akan Anda lamar itu," kata Bud Bilanich, penulis Climbing the Corporate Ladder. "Kaitkan resume Anda untuk menunjukkan bahwa Anda mengetahui perusahaan itu dan industri yang mereka geluti. Dan, yang lebih penting lagi, gunakan kata kunci dalam resume Anda yang bisa menarik rekruter Anda."

Sebagai contoh, jika diiklan disebutkan mencari "fresh graduate," pastikan untuk menyertakan kata fresh graduate di dekat bagian atas resume Anda. 


"Lucu ya? Tapi itu memiliki dampak besar," lanjut Bilanich. 



Buat Kehadiran Online

Rachel Dotson dari Zip Recruiter menganjurkan pelamar untuk membuat profil tentang saya, yang dilengkapi dengan link-link profil sosial media dan profesi Anda. Termasuk link dalam resume Anda dengan nama dan informasi kontak, dan juga termasuk di bawah tanda tangan cover letter Anda. 

"Sebab resume Anda akan sangat mungkin untuk dilihat di komputer," kata Dotson, "maka akan mudah bagi rekruter untuk mengeklik halaman tentang saya Anda, di mana ia bisa menelusuri keberadaan Anda di dunia online. 

Pastikan Lamaran Kerja Anda sesuai dengan ATS

ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah software yang memudahkan menangani surat lamar kerja secara elektronik. Biasanya ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. 

"Sebelum mengirimkan surat lamaran Anda, Anda sebaiknya mengerti applicant tracking software" kata Kristin Johnson dari Profession Direction. "Ada seni sesungguhnya agar resume Anda mendapatkan perhatian dalam pencarian kerja yang syarat teknologi sekarang ini."

Johnson mengatakan bahwa Anda HARUS membaca job description dan menyertakan istilah-istilah kunci dalam resume Anda. Resume Anda juga harus dalam format yang bisa dibaca oleh software ATS.

"Memang butuh waktu, tetapi dengan format yang benar sistem tersebut akan berjalan," kata dia. "Jika resume Anda tidak menunjukkan kecocokan antara pekerjaan dan ATS, Anda tidak akan dipanggil karena tidak Anda tidak akan masuk nominasi calon bos Anda."

0 Response to "Melamar Pekerjaan Online: Ini yang Harus Dipersiapkan!"