Ini yang Harus Anda Katakan Ketika Pewawancara Bertanya, "Ceritakan tentang Diri Anda!"

Interview atau wawancara kadang tidak nyaman, aneh, dan asing.

Pertama, tersenyumlah dan tunjukkan raut wajah yang bahagia, seolah Anda sedang berbicara dengan sahabat karib Anda, ini semua perlu Anda lakukan ketika Anda sedang dalam proses yang menentukan apakah Anda akan bisa makan, bisa beli pakaian, atau bisa berteduh.

Ada orang yang menganggap bahwa sebaiknya bersikaplah sebagai orang yang benar-benar asing ketika masuk ke dalam ruangan interview dan di dalam ruangan ini seperti satu orang menginterogasi yang lain. Di mana letak tepatnya? 

Dalam proses interview, satu pertanyaan yang dianggap paling sulit dijawab adalah, "Ceritakan pada saya tentang diri Anda!"

Ini biasanya pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh rekruter. Pertanyaan ini diajukan karena pertanyaan ini menentukan nada "Branding Anda". Pertanyaan ini memudahkan pewawancara untuk mengetahui siapa Anda, tentang yang Anda kerjakaan, dan apa yang memotivasi Anda. 

Pertanyaan ini penting sebab pewancara akan menggunakan jawaban dari pertanyaan tersebut sebagai mekanisme kendali untuk menentukan kejujuran dan konsistensi Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan datang. 

Berikut contoh bagaimana sebaiknya Anda menjawab pertanyaan tersebut:

"(1) Saya lulusan Universitas Indonesia. Saya mengambil jurusan Manajemen Bisnis dan saya telah mengelola bisnis saya sejak saya membaca bukunya Donald Trump The Art of the Deal. (2) Sejak memulai karir saya lima tahun lalu, saya telah bekerja di Perusahaan X, Perusahaan Y, dan Perusahaan Z. Momen paling membanggakan dalam karir saya adalah ketika saya menangani joint venture dengan Perusahaan 123. (3) Selanjutnya, saya mencoba untuk mengembangkan karir saya sebagai analis bisnis di satu lingkungan di mana pengetahuan saya tentang joint venture dapat digunakan sepenuhnya."

Jika Anda menjawab pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda" seperti digambarkan di atas, maka sangat mungkin pewawancara akan menaruh penanya dan langsung memberikan pekerjaan kepada Anda. 

Dengan menjawab pertanyaan seperti digambarkan di atas akan membentuk kredibilitas Anda, menggambarkan kepemimpinan Anda, dan itu akan membuat pewawancara mengetahui secara pasti apa yang akan mereka dapatkan jika mereka merekrut Anda. 

Berikut mengapa menjawab pertanyaan ini seperti digambarkan di atas itu efektif:

Beritahu pewawancara tentang riwayat pribadi Anda - Poin satu jelas dan ringkas yang akan memudahkan pewawancara mengetahui siapa Anda dan mengapa Anda memilih karir Anda, sembari juga dengan semangat Anda menceritakan kisah Anda, semacam testimoni. 

Ceritakan riwayat profesi Anda - Point dua memudakan Anda untuk menjelaskan dan menonjolkan pengalaman Anda. Ini akan memudahkan pewawancara membayangkan hasil yang bisa mereka dapatkan jika mereka mempekerjakan Anda. 

Gambarkan masa depan - Poin tiga memposisikan Anda sebagai leader yang melihat alur yang jelas dan mengetahui bagiamana sampai pada tujuan.

Wawancara kerja tidak seharusnya semenyakitkan yang dibayangkan. Kunci dalam menjawab pertanyaan apapun dalam wawancara adalah memberikan jawaban yang menonjolkan pengalaman, keahlian, dan skill leadership Anda. 

Selamat berjuang!

0 Response to "Ini yang Harus Anda Katakan Ketika Pewawancara Bertanya, "Ceritakan tentang Diri Anda!" "