Meniti Karir yang Menjanjikan dalam Dunia Asuransi Jiwa

Secara umum, asuransi dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa. Asuransi umum adalah asuransi atau proteksi terhadap harta benda, termasuk bangunan, kendaraan, dan aset-aset lain. Sementara asuransi jiwa adalah asuransi atau proteksi terhadap jiwa, kesehatan.

Lebih spesifik mengenai asuransi jiwa. Asuransi ini dikelompokkan menjadi dua kelompok, yakni asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa unit link. Produk tradisional adalah asuransi jiwa saja dan biasanya sesuai kontrak (term life). Sementara asuransi jiwa unit link adalah asuransi jiwa yang memadukan antara proteksi jiwa, kesehatan, dan investasi. 

Jika produk tradisional, nasabah diharuskan membayar proteksi jiwa atau kesehatannya sesuai jangka waktu tentu. Sebagai contoh asuransi jiwa yang tertanggung dalam tiket perjalanan. Nasabah hanya membayar untuk jangka waktu pertanggungan tertentu, yakni selama dalam perjalanan. Jika tidak terjadi resiko apapun, maka uang akan hangus. Sementara di sisi lain juga ada produk asuransi jiwa tradisional yang memproteksi nasabah dengan jangka waktu tertentu disebut endowment insurance, di mana nasabah mempunyai kontrak waktu tertentu misalnya 10 tahun. Selama 10 tahun nasabah akan diwajibkan membayar premi. Jika dalam jangka waktu itu terjadi resiko maka nasabah bisa klaim dan ada tambahan dana tabungan. Satu produk lainnya adalah whole life insurance, yakni produk asuransi jiwa di mana nasabah diwajibkan membayar seumur hidup, jika terjadi resiko maka nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan sesuai kontrak.

Sementara unit link, nasabah cukup membayar dalam jangka waktu tertentu. Setiap premi yang disetorkan sudah otomatis merupakan dana proteksi dan investasi. Misal nasabah berencana setor premi 10 tahun, dan berhenti setor lagi. Maka seumur hidup nasabah akan terproteksi dan bisa klaim seumur hidupnya jika terjadi resiko. Dan jika terjadi resko meninggal dunia, maka nasabah akan mendapatkan jaminan atau santunan meninggal dunia, kondisi kritis, dan lain-lain, serta nilai tunai dari investasinya, yang biasanya jumlahnya akan sangat besar ketika ia sudah cukup lama menjadi nasabah.

Dengan inovasi ini, yakni unit link, nasabah merasa tidak dirugikan jika pun tidak klaim, karena pada dasarnya nasabah mempersiapkan dana untuk masa tuanya. Dengan demikian, nasabah akan merasa nyaman dan butuh produk ini.

Dan dengan produk unit link inilah, peluang berkarir di dunia asuransi sangat besar. Puluhan ribu orang sukses besar di dunia asuransi dengan penghasilan di atas 100 juta per bulan, bahkan sampai ahli waris. 

Sebagai contoh Denny Utama, yakni seorang yang berkarir di dunia asuransi selama 11 tahun, hari ini memiliki income yang sangat besar, sekitar 5 milyar rupiah per bulan, bahkan ketika ia sudah tidak melakukan apapun. Denny Utama berkarir di dunia asuransi produk unit link Prudential Life Assurance sejak tahun 2002. 

Memasuki dunia asuransi, Anda pun tidak disyaratkan terlalu banyak syarat selayaknya Anda menjalani karir perkantoran pada umumnya. Syarat utamanya adalah Anda berpendidikan sekurang-kurangnya SMA atau sederajat. 

Bagaimana bisa memasarkan produk asuransi sementara saya hanya lulusan SMA?

Itu mungkin pertanyaan yang timbul. Asuransi berkaitan dengan pemasaran. Anda akan dilatih untuk menjadi seorang pemasar yang handal. Dan di sini, Anda tidak hanya dilatih menjadi pemasar yang handal, tetapi juga dilatih menjadi perenana keuangan bagi seluruh keluarga di Indonesia yang sering disebut juga Financial Service Consultant

Sebagai Financial Service Consultant Anda akan dilatih bagaimana memberikan pendidikan dan konsultasi finansial terhadap para nasabah, baik sebelum penjualan maupun purna jual. Keahlian memimpin tim juga akan Anda dapatkan dari training-training gratis yang diberikan oleh perusahaan.

Biasanya, setelah Anda mencapai level tertentu, dengan beberapa target, yang Anda sendiri yang menentukan target itu, Anda sudah tidak lagi diwajibkan untuk menjadi pemasar lagi, tetapi menjadi pemimpin dalam tim. Dan leadership training pun diberikan cuma-cuma kepada Anda. 

Untuk mencapai tingkatan ini, di Prudential Life Assurance misalnya, di posisi Senior Agency Manager (SAM) di mana Anda sudah memiliki beberapa AM, maka Anda akan memiliki penghaislan minimal 100 juta per bulan. Banyak orang yang bisa meraih penghasilan ini hanya dalam waktu kurang dari 4 tahun, bahkan ada yang mencapai posisi ini hanya dalam waktu 2,5 tahun. 


Dengan demikian, berkarir di dunia asuransi adalah pekerjaan yang menjanjikan bukan? 

Bandingkan jika Anda harus bekarir di perusahaan, berapa lama Anda akan memiliki penghasilan 100 juta per bulan?


Untuk mengetahui perbandingannya, 20 posisi karir dengan gaji terbesar di Indonesia bisa Anda lihat DI SINI.

0 Response to "Meniti Karir yang Menjanjikan dalam Dunia Asuransi Jiwa"