Bagaimana Caranya Menerima Kritikan di Tempat Kerja

Cara menerima kritikan 
Sumber gambar: www.earlystorise.com
Bekerja berarti siap bersosialisasi dengan rekan kerja, atasan, bawahan, bahkan mitra bisnis tempat Anda bekerja. Dalam bersosialisasi, termasuk sosialisasi di tempat kerja, tidak akan pernah lepas dari kritikan, baik itu kritikan yang membangun maupun kritikan yang melecehkan. Tetapi pada dasarnya, semua kritikan itu kembali pada individu yang dikritik..

Berikut ada 12 tips bagaimana seseorang bisa menerima kritikan di tempat kerja:

1. Terimalah bahwa Anda tidaklah sempurna

Jika Anda mengira bahwa tidak ada satupun tugas yang tidak akan pernah mengalami kesalahan, berarti Anda membodohi diri Anda sendiri. Anda akan melakukan kesalahan, meskipun kecil. Tetapi bukan kesalahannya yang terpenting, tetapi bahwa Anda siap belajar dari kesalahan itu.

2. Periksa kembali pekerjaan Anda

Sebelum Anda menyerahkan kepada atasan Anda, periksa kembali pekerjaan Anda dengan cermat. Dengan melakukan hal ini akan bisa menghindarkan Anda pada kesalahan konyol dan akan membuat atasan Anda tidak akan menganggu Anda dengan masalah Anda. 

3. Jangan dianggap masalah pribadi

Jika teman kerja Anda mengkritik Anda, jangan dianggap bahwa dia tidak suka dengan Anda atau tidak suka dengan pekerjaan Anda. Anggap saja bahwa kritikannya itu ditujukan agar kinerja Anda lebih baik, dan memastikan bahwa apa yang Anda kerjakan adalah pekerjaan terbaik.

4. Simak dengan cermat

Jika Anda mengabaikan komentar-komentar kritikan, maka Anda akan menjadi kerbau yang masuk ke kubangan yang sama. Catatlah kritikan itu, lalu terus ingatkan diri Anda agar memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi, jangan sampai terulang kembali.

5. Tanyakan pada diri Anda, "Apa yang bisa saya ambil sebagai pelajaran?"

Jika Anda malah bertahan dan marah ketika dikritik, ulangilah pertanyaan, "Apa yang bisa saya ambil sebagai pelajaran?"

6. Setuju dengna bagian kritiknya

Ketika dihadapkan dengan kritikan, sebagian besar orang fokus pada bagian negatifnya sementara ia mengabaikan yang benar dari kritikan itu. Hal ini tidak memecahkan masalah Anda, dan Anda tidak akan pernah belajar apapun. Jika Anda sepakat dengan bagian yang positif dari kritikan itu, Anda akan terbuka terhadap pembelajaran. Anda tidak perlu sepakat dengan semua isi kritikan, namun meskipun kritikan itu memiliki nilai positif yang sangat kecil, itu akan menciptakan atmosfir yang sejuk dalam kerja tim.

7. Analisa dan evaluasi apa yang telah Anda dengar

Anda butuh waktu untuk memproses informasi, menentukan apakah kritikan yang diberikan kepada Anda itu valid dan utnuk memutuskan apa yang akan Anda lakukan utnuk memecahkan masalah atau memperbaiki kesalahan. Jika kritikan itu merupakan komplain yang Anda berulang kali, sebaiknya Anda memikirkan apa yang bisa Anda petik sebagai pelajaran dari komplain itu agar tidak terjadi lagi.

8. Jangan menyimpan dendam

Jika Anda tetap marah dengan kritikan yang Anda terima, itu akan berdampak pada pekerjaan Anda. Lebih baik fokuslah pada pekerjaan untuk melakukan yang terbaik pada tugas selanjutnya.

9. Ingatlah bahwa apapun terjadi karena ada alasan

Jika ada teman kerja Anda yang tiba-tiba dingin terhadap Anda, sikapilah bahwa di situ ada sesuatu yang baik pada Anda. Mungkin dia iri. Tak ada pekerjaan baik yang tidak dapat imbalan.

10. Di-clear-kan

Jika Anda marah dengan mitra kerja Anda yang mengkritik Anda, beritahu dia mengapa Anda marah, sehingga tidak ada lagi beban pikiran pada diri Anda. 

11. Terimalah bahwa orang lain mungkin melihat yang tidak Anda lihat

Meskipun Anda tidak setuju dengan kritikan yang mereka lontarkan, terimalah kenyataan bahwa orang lain mungkin melihat sesuatu yang tidak kita lihat. Jika mereka mengkritik yang negatif, dan Anda tidak merasa, anggap saja mungkin benar dan Anda tidak menyadarinya. Mungkin yang lain benar, dan jadikan itu untuk melihat ke dalam diri Anda.

12. Tetap berbahagialah apapun kritikan itu dan jangan biarkan kritikan itu membuat Anda terpuruk.

Itu 12 tips yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi kritikan. Tetap semangat dalam bekerja ya. Ingat tidak ada satupun di dunia yang sama, selalu ada pro dan kontra. Jadi enjoy saja.

0 Response to "Bagaimana Caranya Menerima Kritikan di Tempat Kerja"