7 Tips Menabung Meskipun Penghasilan Pas-Pasan

7 Tips Menabung Meskipun Penghasilan Pas-Pasan
Seorang karyawan yang memiliki penghasilan pas-pasan biasanya merasa kesulitan untuk menabung, terlebih lagi ketika harga-harga naik semakin tinggi, akan terasa semakin sulit. Kebutuhan banyak, sementara penghasilan kecil. Tetapi tetap diingat bahwa kebutuhan ke depan semakin besar, penghasilan bisa diprediksi, akan tetapi kejadian tak terduga yang membutuhkan uang besar tidak bisa ditebak, oleh karena itu, berapapun penghasilan Anda, paksakan untuk menabung. 

Lantas bagaimana jika penghasilan sangat pas-pasan. Berikut tips-tips bagaimana bisa menabung meskipun penghasilan pas-pasan.

1. Cari penghematan-penghematan kecil yang akan menjadi besar seiring waktu, tetap catat semua pengeluaran Anda dengan cermat. Anda akan terkejut mengetahui betapa besar pengeluaran utnuk hal-hal seperti nongkrong di warung kopi ataupun makan di kafe.

2. Lakukan pembelian yang penting, seperti makanan, transportasi, dan asuransi. Jika membeli produk asuransi, pastikan ambil unit link, sebab jauh lebih banak kelebihan unit link dibandingkan lainnya. Jika hendak berbelanja, bandingkan harga-harga antara satu tokok dengan toko lainnnya. Catat toko-toko yang sudah Anda seleksi itu, dan lakukan pembelian di tempat yang paling murah. Dengan demikian, Anda akan bisa melakukan pembelian barang yang penting saja.

3. Batasi pengeluaran untuk perayaan ulang tahun dan liburan. Meskipun hadiahnya sedikit, tetapi dipilih dengan baik akan lebih dihargai daripada hadiah banyak dan harga mahal tapi asal pilih.

4. Buat dana darurat untuk menghindari harus berhutang untuk membayar biaya-biaya tak terduga. Tabungan dana darurat ini biasanya lebih cocok jika disimpan di rekening tabungan biasa, meskipun bunganya sangat rendah. Ingat, pastikan saldonya cukup banyak untuk untuk mengimbangi biaya bulanan. 

5. Jika ada layanannya, mintalah agar bank Anda mentrasfer secara otomatis setiap bulannya dari deposito ke rekening biasa Anda. Meskkipun Rp. 100 ribu - Rp. 150 ribu sebulan itu akan sangat membantu. Berarti genap setahun akan ada tambahan dana di rekening sebesar Rp. 1,2 juta - Rp. 1,8 juta.

6. Taruhlah semua uang kembalian ke dalam rekening Anda. Bagi banyak orang, uang kembalian yang tidak terlalu dipakai itu bisa mencapai Rp. 1 juta setahun.

7. Hindari menggunakan kartu kredit berbunga tinggi atau kredit-kredit lain, misalnya rentenir. Kredit ini biasanya mengenakan bunga hingga ratusan persen per tahun. dan bunga kartu kredit bisa mencapai 25 persen per tahun. Anda bisa menghemat jutaan, bahkan mungkin puluhan juta per tahun.

Dengan melakukan 7 tips di atas, maka Anda akan bisa memiliki tabungan banyak meskipun penghasilan pas-pasan. 

Anda sudah mencobanya? Lanjutkan. Jika belum, cobalah dari sekarang.

0 Response to "7 Tips Menabung Meskipun Penghasilan Pas-Pasan"