Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja Secara Profesional

Ketika Anda hendak mengundurkan diri dari pekerjaan Anda saat ini, sangat penting bagi Anda untuk menulis surat pengunduran diri secara profesional. Penulisan surat pengunduran diri ini paling tidak memiliki dua alasan penting. Pertama, menciptakan kesan positif Anda sebagai karyawan kepada atasan atau bos Anda. Yang kedua, ini juga akan memudahkan dan membantu Anda di masa yang akan datang jika kelak Anda membutuhkan referensi dari tempat Anda bekerja saat ini. 

Apa yang harus Anda cantumkan dalam surat pengunduran diri?

Anda tidak perlu mencantumkan alasan detail tentang mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. Yang perlu Anda sertakan dalam surat pengunduran diri Anda adalah:

  • Anda ingin mengundurkan diri
  • Kapan hari atau tanggal terakhir Anda akan bekerja di perusahaan tersebut
  • Ucapan "terima kasih" atas peluang yang telah Anda dapatkan untuk bekerja di perusahaan tersebut. 
Karena ini merupakan surat resmi, sebaiknya Anda menyertakan tanggal Anda menulis surat pengunduran diri tersebut. Jadi, jika nantinya ada yang mencari surat Anda, ini akan membantu memperjelas bahwa Anda sudah memberikan surat pemberitahuan pengunduran diri dua minggu atau satu bulan sebelumnya, misalnya, yang jangka waktu ini biasanya dibutuhkan oleh kontrak pekerjaan. 

Apa yang harus Anda ketahui sebelum Anda mengundurkan diri dari pekerjaan saat ini?

Jika saat masuk bekerja Anda menandatangani kontrak kerja, pastikan Anda sudah memahami isi kontrak tersebut. 

Jika hubungan Anda baik dengan manajer ataupun supervisor Anda, alangkah baiknya Anda sampaikan kepada mereka secara langsung tentang rencana Anda untuk menyampaikan surat pengunduran diri ini. Dengan cara ini, Anda berarti membantu atasan Anda untuk menyiapkan segal sesuatunya mencari pengganti Anda atau menyiapkan pekerjaan yang Anda tangani untuk dialihkan kepada orang lain sebelum Anda resmi mengundurkan diri. 

Yang tidak kalah penting juga, segera selesaikan urusan administrasi dan keuangan jika Anda masih memiliki urusan terkait dua masalah itu. Selain itu, data-data komputer terkait perusahaan di kompute pribadi atau laptop Anda sebaiknya segera dibersihkan. 


Berikut contoh surat pengunduran diri:

Jakarta, 17 Juli 2019

Bapak Ari Antono, SE, M.H.
Chief Executive Officer
PT Indah Perkasa 
Jalan Jenderal Sudirman 74
Jakarta, 12190

Yth. Bapak Manajer,

Bersama surat ini saya ingin menyampaikan kepada Anda bahwa saya bermaksud untuk mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Kepala Divisi Marketing wilayah Jakarta Barat di PT Indah Perkasa. Tanggal terakhir saya bekerja di perusahaan ini adalah 15 Agustus 2019. 

Saya sangat berterima kasih atas peluang yang telah diberikan kepada saya selama saya bekerja di perusahaan ini, juga bimbingan dan dukungan profesional yang Anda berikan kepada saya. 

Semoga perusahaan ini semakin sukses di masa yang akan datang. 

Jika diperlukan, saya siap untuk membantu proses transisi dengan pengganti saya. Mohon berkenan memberi tahu saya. 


Hormat saya

Tanda tangan 

Joni Pratama.


0 Response to "Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja Secara Profesional"