Bagaimana Cara Membuat Resume?

Sering kita membaca iklan di koran atau di situs lowongan kerja online dengan kata-kata begini, "Submit your resume to...", "Email your resume to...", "Send your resume..." dan sejenisnya. 

Tetapi apa sebenarnya definisi dari resume?

Resume (dibaca mirip bunyi rezumei) adalah dokumen yang berisikan pendidikan, pengalaman, serta skill yang biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan. 

Tujuan dari resume dokumen yang Anda buat untuk menunjukkan:

  • bahwa Anda layak dipekerjakan
  • kalau Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar.
  • bahwa Anda memiliki pendidikan dan kualifikasi yang sesuai.
  • bahwa Anda memiliki pengalaman dan skill yang sesuai
  • bahwa Anda memiliki tingkat profesionalisme yang tepat untuk pekerjaan itu.
Panjang resume disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta skill yang Anda miliki. Jika Anda belum berpengalaman, resume cukup 1-2 halaman, tetapi jika riwayat pendidikan serta keterampilan yang pernah Anda ikuti cukup banyak, tiga halaman tidak masalah. 

Dalam penulisan resume ini gunakan huruf baku dan standar, jangan menggunakan huruf-huruf yang aneh dan lebay. Ukuran font 12 pt itu lebih sesuai, dengan spasi 1,5 dengan marjin standar 2,5 x 2, cm.

Apa saja isi dari resume?


Secara umum isi resume adalah sebagai berikut:

  • Detail kontak Anda
  • Pernyaaan pembuka
  • Daftar skill yang Anda miliki
  • Daftar skill teknis atau piranti lunak yang Anda kuasai
  • Atribut pribadi/tinjauan karir
  • Kualifikasi pendidikan 
  • Riwayat pekerjaan/pengalaman kerja di tempat kerja sebelumnya
  • Referensi


Apa yang tidak diperlukan dalam resume?


  • Data pribadi, termasuk di antaranya tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, penyakit, dan riwayat kesehatan.
  • Salah pengetikan juga akan memastikan Anda tidak akan pernah dipanggil untuk wawancara.
  • Gambar atau foto diri, biasanya tidak disukai oleh rekrutmen atau bagian HRD, selain itu juga sering menyebabkan masalah dengan software pengolah data
Penggunaan huruf yang paling sesuai untuk penulisan resume adalah Verdana, Arial, Calibri, dan Century Gothic. Gunakan huruf ukuran 10-11 untuk isi, sementara untuk header ukuran 12-14.

Jika tidak diminta dalam format khusus, jangan buat resume Anda dalam bentuk PDF, karena beberapa software yang digunakan oleh rekrutmen tidak kompatibel.


    0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Resume?"